Find Us On Social Media :

Luar Biasa, Selama 27 Tahun Shyam Lal Membuat Kolam Agar Warga Desa Punya Sumber Air Sendiri

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 2 September 2017 | 06:00 WIB

Intisari-Online.com – Saja Pahad adalah sebuah desa kecil di Chhattisgarh, India. Bertahun-tahun lalu desa itu selalu kekeringan dan kesulitan air.

Di desa itu hanya ada dua sumur yang digunakan warga desa untuk yang nyaris tidak cukup untuk memberi minum ternah dan irigasi kebun mereka.

Warga desa tidak tahu apa yang harus dilakukan dan pemerintah mengabaikan janji mereka.

Beruntung ada seorang pemuda “gila” karena mengambil masalah itu sendirian. Pemuda itu adalah Shyam Lal (42 tahun).

(Baca juga: Yacouba Sawadogo, 30 Tahun Menghijaukan Gurun Gersang di Afrika Barat)

Sejak usia 15 tahun, Shyam mengambil alih sendiri untuk memecahkan masalah air di desanya. Ia mengenali ada sebuah titik di hutan terdekat dan memutuskan untuk menggali sebuah kolam yang bisa menampung air hujan.

Ia ingin air di kolam itu bisa digunakan oleh seluruh warga desa. Ia pun membagi ide itu kepada warga desa Saja Pahad.

Malangnya, bukannya mendapat bantuan tenaga, Shyam malam ditertawakan. Rencananya dianggap rencana gila dan ia pun dianggap sebagai orang gila.

Meskipun demikian, Shyam tidak memedulikan reaksi warga desa tersebut. Sebaliknya, ia langsung mengambil sebuah sekop dan mulai menggali tanah sendirian untuk membuat kolam selama 23 tahun.

Kini, di usianya yang ke 42 tahun, Shyam Lal dianggap sebagai seorang pahlawan dan seorang penyelamat oleh warga desanya. Kolam kecil yang telah digalinya itu, setelah tiga dekade menjadi seluas 4.046 meter persegi dengan kedalaman sekitar 4,5 meter.

Kolam itu dipenuhi air yang begitu berharga dan dapat digunakan oleh seluruh warga desa.

“Tidak ada seorang pun yang membantu aku  membuat kolam ini, tidak pemerintah setempat, tidak pula warga desa. Itulah impianku untuk mengadakan cukup air bagi seluruh warga desa dan juga ternak mereka,” kata Shyam Lal dengan bangga kepada The Hindustan Times.

(Baca juga: Kok Orang India Suka Geleng-geleng Kepala Acha-acha? Inilah Alasannya)