Find Us On Social Media :

Duh, Petugas Temukan Cacing Hati di Hewan Kurban. Ini Ciri-cirinya!

By Ade Sulaeman, Jumat, 1 September 2017 | 14:00 WIB

Intisari-Online.com - Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menemukan adanya penyakit berupa cacing hati pada sejumlah hewan kurban yang disembelih saat perayaan Idul Adha 2017.

"Kami melakukan pemeriksaan post mortem, melihat organ dalam berupa paru, hepar, dan limpa. Jika paru bagus, hepar bagus, berarti sehat,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih di sela pemeriksaan daging hewan kurban di Masjid As Sholihin, Desa/Kecamatan Ngasem, kabupaten setempat, Jumat.

“Namun, dari 50 persen kambing yang sudah dikuliti dan dibuka, kami temukan ada tiga ekor yang terindikasi terkena cacing hati," lanjut Tutik.

Ia mengatakan, secara kasat mata sebenarnya bisa diketahui daging sehat ataupun terindikasi terkena penyakit cacing hati.

Untuk daging yang sehat, permukaan daging akan kelihatan halus, licin, serta warna merah hatinya merata.

"Yang terindikasi terkena penyakit cacing hati, dari permukaan ada yang tidak merata, bergelombang, warnanya ada bercak kuning," katanya menjelaskan.

Lebih lanjut, ia mengatakan daging yang sudah terkena penyakit cacing hati juga tidak bagus jika dikonsumsi.

Untuk itu, ia meminta agar takmir masjid tidak membagikan daging yang terkena cacing tersebut.

Daging yang sudah terkena cacing bisa dikubur di areal penyembelihan.

"Jika menemui daging yang terindikasi terkena cacing hati, daging tidak boleh dibagikan. Ini meminimalkan terjadinya penularan penyakit cacing," katanya.

Hewan kurban, kata dia, memang bisa terkena penyakit cacing hati.