Find Us On Social Media :

Mete Antisariawan, Wortel Antikanker, Pisang Bikin Tenang Asam Lambung; Masih Meragukan Khasiat Sayur dan Buah-buahan?

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 13 Agustus 2017 | 12:00 WIB

Intisari-Online.com – Di balik kesegarannya, sayuran dan bebuahan menyimpan khasiat yang menyehatkan. Sarinya bisa mencegah dan menyembuhkan beragam penyakit.

Dalam keseharian kita tidak akan lepas dari makanan pokok dan pelengkap. Makanan pokok umumnya merupakan sumber karbohidrat (tenaga) sementara  makanan pelengkap sumber protein, vitamin, dan mineral.

Dari keduanya, makanan pelengkaplah yang banyak ragamnya. Ada bahan pangan nabati (sayuran,  bebuahan, dan kekacangan), ada bahan pangan hewani (daging, telur, dan susu).

Ditinjau dari segi kesehatan, bahan pangan nabati memiliki kelebihan yang tidak dimiliki bahan pangan hewani.

(Baca juga: Anak-anak Cenderung Mengonsumsi Sayur dan Buah-buahan saat Istirahat Sebelum Makan Siang)

Beberapa sayuran dan bebuahan yang cukup kina kenal, seperti labu siam, mentimun, wortel, brokoli, jambu mete, tomat, jeruk, dan melon, merupakan beberapa dari sekian banyak bahan makanan nabati yang sangat baik untuk kesehatan, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mempertahankan kesehatan dan mencegah penyakit.

Sayuran dan buah macam wortel, bengkuang, dan jeruk dapat diperas dengan juicer untuk diambil sarinya.

Sedangkan bebuahan macam melon dan tomat dapat dilumatkan dengan mixer atau blender untuk mendapatkan sari bersama seratnya.

Karena jus atau  larutan blender tanpa tambahan air merupakan larutan pekat, konsumsi sejumlah 100 ml larutan/hari sudah cukup bermanfaat tanpa menimbulkan efek sampingan seperti rasa kembung.

Cegah yang hiper

Labu siam (Sechium edule) memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar lemak darah (kolesterol dan trigliserida), seperti yang ditunjukkan dalam penelitian menggunakan mencit.

Sayangnya, sampai saat ini belum diketahui senyawa yang memberi khasiat itu. Diduga kandungan serat soluble dalam labu siam mungkin dapat mengikat sebagian garam empedu yang masuk ke dalam usus 12 jari.

Garam empedu merupakan hasil produksi hati yang banyak mengandung kolesterol.