Find Us On Social Media :

20 Mitos dan Fakta Seks yang Mungkin Sering Mengganggu Pikiran Saya, Anda, dan Kita Semua

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 8 Agustus 2017 | 20:30 WIB

Intisari-Online.com - Kita tumbuh dengan mendengar segala macam hal tentang seks dan isu-isu yang terkait dengan itu.

Tapi cukup kompetenkah informasi yang kita miliki? Mari kita lihat 20 mitos dan fakta seks yang berikut ini.

(Baca juga: Kecil-kecil Sudah Bertanya tentang Pendidikan Seks? Inilah Tips Menjawab Pertanyaan Seputar Seks Sesuai Umur Anak)

Mitos: seorang wanita tidak bisa hamil jika melakukan seks sambil berdiri, wanita berada di atas, berhubungan seks di bak mandi air panas atau kolam renang, melompat segera setelah berhubungan seks, wanita melakukan pembersihan vagina, mandi atau kencing setelah seks, jika pria menarik penisnya sebelum berejakulasi, wanita tidak mengalami orgasme, pria dan wanita tidak orgasme pada saat yang sama, wanita mendorong pusarnya dengan keras setelah seks, wanita bersin selama lima belas menit setelah seks, jika seorang wanita tidak menstruasi, atau minum lemon soda.

Fakta: lupakan apa yang pernah kita dengar. Seorang wanita bisa hamil kapan saja selama ia berhubungan seks, dengan atau tanpa penetrasi penuh; duduk, berlutut atau berdiri, tidak ada hubungannya dengan minuman soda yang dikonsumsi. Satu-satunya cara untuk mencegah kehamilan adalah pantang.

Mitos: Kita bisa memberitahu orang lain memiliki penyakit menular seksual hanya dengan melihat mereka.

Fakta: banyak infeksi menular seksual (IMS), termasuk HIV, sering tidak menunjukkan gejala. Jadi, banyak orang yang memiliki IMS itu sendiri tidak tahu sampai mereka melakukan tes.

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar satu dari dua orang yang aktif secara seksual akan mendapatkan IMS pada usia 25 dan kebanyakan dari mereka tidak tahu itu.

Beberapa PMS sangat umum terjadi di kalangan remaja dan dewasa muda, sehingga dianjurkan mereka yang aktif secara seksual harus melakukan tes setidaknya, setahun sekali.

Misalnya, semua wanita muda yang aktif secara seksual harus dites setiap tahun untuk Chlamydia, yang diam-diam mempengaruhi jutaan orang, dan dapat membuat wanita tidak subur.

Namun, ada pula IMS yang tidak perlu dilakukan pemeriksaan rutin oleh dokter, kecuali terlihat gejala pada pasien.

Mitos: Menggunakan alkohol atau obat-obatan dapat membuat seks lebih baik.

Fakta: Mabuk bisa membuat kita tidak mampu membuat keputusan yang tepat tentang seks.