Find Us On Social Media :

Pernah Kalang Kabut Dihajar Roket Hamas, Israel Sebaiknya Segera Kembalikan Wilayah Jajahannya kepada Rakyat Palestina

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 28 Juli 2017 | 20:15 WIB

Roket hamas

Intisari-Online.com - Konflik Israel dengan rakyat Palestina  saat ini mulai memanas lagi.

Dan seperti biasanya konflik itu segera memicu kelompok-kelompok perlawanan seperti Hamas turun ke gelanggang.

Serangan dari wilayah Palestina memang sulit dihindari oleh Israel meskipun militer Israel telah melakukan penjagaan yang sanga ketat.

Untuk mencegah masuknya para penyerang yang datang dari Palestina, oleh Israel itu selalu dianggap sebagai serangan teroris.

Tak hanya itu, militer Israel juga telah membangun tembok pembatas mirip tembok Berlin di era Perang Dingin.

(Baca juga: Setelah Dua Minggu Konflik, Warga Palestina Kembali Diizinkan Beribadah di Al-Aqsa)

Dengan adanya tembok pembatas itu warga Palestina yang masuk ke wilayah Israel dengan berbagai keperluan seperti bekerja, mengunjungi saudara, dan lainnya harus melalui pintu-pintu khusus yang dijaga oleh pasukan Israel bersenjata lengkap.

Tapi di sisi lain tembok pembatas juga mencerminkan bahwa warga Israel telah hidup dalam semacam penjara raksasa akibat ketakutan yang berlebihan setelah menguasai sejumlah wilayah Palestina.

Meskipun untuk memasuki wilayah Israel terbentur tembok tinggi yang dijaga sangat ketat, para pejuang Palestina yang ingin melancarkan serangan terhadap Israel tidak kurang akal.

Salah satu kelompok pejuang yang secara rutin menyerang wilayah Israel adalah pejuang Hamas yang berbasis di Jalur Gaza.

(Baca juga: Konflik Israel-Hamas: Sekadar Gencatan Senjata Saja Sulit)

Para pejuang Hamas itu menggunakan taktik tempur yang cukup cerdik yakni menerapkan strategi asimetrik dengan cara menembakkan sejumlah roket yang rata-rata buatan sendiri.