Find Us On Social Media :

Dengan Teknologi Ini Video Hoax Pun Bisa Dibuat. Makin Brutal Saja Media Sosial

By Agus Surono, Kamis, 27 Juli 2017 | 14:00 WIB

Ilustrasi

Intiari-Online.com – Siap-siap menyongsong dunia informasi baru, ketika alat untuk manipulasi video dan audio memungkinkan pembuatan cuplikan berita yang nyaris sempurna, seperti pidato Obama palsu yang sekarang terkenal.

Proyek Synthesizing Obama dari Universitas Washington mengambil audio dari salah satu pidato Obama dan menggunakannya untuk memberi narasi pada video lain yang sama sekali berbeda.

Di zaman Photoshop, filter, dan media sosial, banyak dari kita terbiasa melihat gambar yang dimanipulasi. Misalnya subjek menjadi lebih ramping dan halus.

Namun, ada jenis baru alat manipulasi video dan audio, seiring dengan kemajuan kecerdasan buatan (AI) dan komputer grafis, yang memungkinkan pembuatan sebuah video dengan narasi yang seolah-olah menjadi kebenaran dari ucapan si tokoh.

Apa saja bisa dipelintir dan sulit untuk dikenali bahwa video itu aspal, asli tapi palsu. Inilah masa depan berita palsu.

(Baca juga: Dari Mana Asal Kata Hoax?)

Proyek Synthesizing Obama dari Universitas Washington

Jika sebelumnya kita diwanti-wanti untuk tidak mudah percaya dengan semua yang kita baca, tak lama lagi kita harus mulai mempertanyakan semua hal yang kita lihat dan dengar.

Era video hoax mulai terbuka.

Sejauh ini, sudah ada beberapa tim peneliti yang bekerja untuk menangkap dan menyatukan elemen visual dan audio yang berbeda dari perilaku manusia.

Perangkat lunak yang dikembangkan di Stanford University ini mampu memanipulasi rekaman video orang-orang terkenal dan memungkinkan orang lain untuk berbicara meminjam gerak bibir tokoh tadi secara real time.

Face2Face menangkap ekspresi wajah orang kedua saat mereka berbicara di webcam dan kemudian mengubah gerakan tersebut secara langsung ke wajah orang di video asli. Tim peneliti mendemonstrasikan teknologinya dengan mengumpulkan video dari George W Bush, Vladimir Putin, dan Donald Trump.

Jadi, dengan Face2Face kita bisa meminjam mulut tokoh terkenal atau selebriti.