Find Us On Social Media :

Bagaimana Bisa Tanjakan Seekstrim Gunung Bromo Terasa Enteng Dengan Mobil 1500 cc? All Honda CR-V 1.5 Turbo Menjawabnya

By Yoyok Prima Maulana, Sabtu, 22 Juli 2017 | 09:30 WIB

Menguji Honda CR-V Turbo di Gunung Bromo

Intisari-online.com – Tidak mudah menaklukkan tanjakan Gunung Bromo. Selain berkelok-kelok, di gunung setinggi 2.329 m tersebut kerap dijumpai tanjakkan dengan kemiringan hingga 40 derajat.

Tantangan medan Gunung Bromo ini menggelitik PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk menguji varian terbaru mereka, All Honda CR-V 1.5L Turbo.

Maklum, salah satu varian mobil yang baru dirilis pada April 2017 ini “hanya” dibekali mesin berkapasitas silinder 1.500 cc.

Pada 19-21 Juli, Intisari mendapat kesempatan untuk menguji All Honda CR-V 1.5L Turbo dengan rute Malang-Bromo-Surabaya. 

(BACA JUGA: 

Kontur jalanan yang dipenuhi oleh tanjakan curam dengan tikungan tajam menjadi tantangan tersendiri. 

Namun semua itu mampu dilibas dengan sangat mudah. 

Sulit dipercaya, tarikan seenteng ini bisa diperoleh dari mesin yang “hanya” berkapasitas 1.500 cc.

Intisari seakan-akan tengah mengendarai mobil berkapasitas di atas 2.000 cc.

KENAPA BISA BEGITU?

Kunci rahasianya terletak pada teknologi turbo di mesin 1.5 liter VTEC Turbo yang ditanamkan di CR-V generasi kelima.

Pada intinya, sistem turbo memanfaatkan gas buang untuk memantapkan udara masuk ke silinder head sehingga pembakarannya maksimal dan tenaga yang dihasilkannya meningkat.