Find Us On Social Media :

Inilah 7 Fakta tentang Puting Payudara yang Wajib Diketahui, Nomor 2 Bikin Penasaran

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 2 Juli 2017 | 20:20 WIB

Menatap payudara membantu pria hidup lebih lama

Intisari-Online.com - Puting payudara bukan hanya merupakan bagian dari keindahan payudara dan untuk menyusui, juga dapat menjadi petunjuk adanya beberapa masalah kesehatan yang serius.

Jika Anda mendadak melihat kerutan atau cekungan di kulit sekitar atau pada puting-terutama jika itu terjadi  hanya di satu puting, hubungi dokter Anda. Ini bisa menjadi tanda peringatan kanker payudara.

(Bac ajuga: Tak Seperti Kanker Payudara yang Bisa Diraba, Gejala Kanker Serviks Sulit Dideteksi: Yuk Mendeteksi Kanker Serviks dari Rumah)

Berikut adalah 7 hal yang perlu Anda ketahui tentang puting Anda:

1. Keluar cairan dari puting seringkali normal-bahkan jika Anda tidak hamil atau menyusui

Keluarnya cairan dari puting dapat terjadi pada sebagian besar wanita jika puting ditekan, jelas Leah S. Gendler, MD, seorang ahli bedah payudara di Morristown Medical Center di New Jersey.

Tapi jika Anda tidak menekan atau meremasnya dan terutama jika cairan bercampur darah dan hanya berasal dari salah satu payudara, segera temui dokter, Gendler menyarankan. Cairan bisa saja berasal dari kista jinak atau kanker payudara.

2. Pemilik puting tambahan lebih banyak dari yang Anda kira

Beberapa tokoh terkenal yang memiliki puting cadangan ini antara lain Lily Allen dan Mark Wahlberg.

Puting ketiga sering keliru disangka tahi lalat atau tumor. Memiliki puting ketiga tidak masalah dan dapat dengan mudah dihapus dalam prosedur rawat jalan, kata ahli bedah plastik Rahmat Ma, MD.

"Seluruh prosedur memakan waktu sekitar 30 menit," katanya, "dan dapat segera pulih."

3. Olahraga bisa menyebabkan radang pada puting