Find Us On Social Media :

11 Fakta Soal Puting Susu. Waspadai No. 11

By Agus Surono, Rabu, 28 Juni 2017 | 20:45 WIB

Rangsang Puting Susu untuk Induksi Persalinan Alami

Intisari-Online.com – Buat para wanita, pernahkah Anda melihat puting susu Anda dan bertanya-tanya apakah mereka normal?

Ternyata, ada banyak bentuk dan ukuran puting. Terlebih lagi, mereka dapat memberi Anda kesenangan yang luar biasa, membantu dalam menyusui bayi, dan bahkan bisa memberi tahu masalah kesehatan Anda yang serius.

Jadi, tak ada salahnya Anda mengenal mereka dengan lebih dekat.

1. Mereka bisa mekar beberapa inci

Ukuran puting susu wanita dan areola bisa selebar setengah dolar atau lebih kecil dari satu sen, “Dan bagaimanapun juga benar-benar normal,” kata Alyssa Dweck, MD, ahli kandungan di Westchester, New York, AS dan rekan penulis V Is for Vagina. Berat badan bertambah dan hamil bisa menambah ukuran putting lebih besar.

2. Mereka memiliki beragam warna

Merah muda pucat, merah bata, cokelat tua: warna putting dipengaruhi oleh latar belakang etnis dan rona kulitnya yang lain. Sama seperti ukuran puting susu yang berubah saat Anda memiliki bayi, begitu juga warna puting susu, dan perubahan warna itu biasanya tetap permanen. "Ini adalah hasil dari hormon saat kehamilan," kata Dweck.

(Baca juga: Bagaimana bisa orang-orang ini memiliki puting susu ekstra?)

3. Bisa menimbulkan banyak "kesenangan"

Puting adalah zona erotis bagi banyak wanita, dan ini didukung oleh sebuah studi pada 2011 yang dimuat di Journal of Sexual Medicine. Dari hasil penelitian, ternyata sensitivtas putting tidak jauh berbeda dengan rangsangan yang diterima oleh klitoris dan vagina.

4. Orgasme lewat puting bukan fiksi

Sebuah penelitian pada 2011 menunjukkan bahwa rangsangan pada puting susu saja ternyata bisa menimbulkan orgasme. Beberapa penelitian sebelumnya memperkirakan bahwa hanya sejumlah kecil wanita saja yang dapat mengalaminya.