Find Us On Social Media :

Yuk Cari Tahu Pesawat Jet Pribadi Mewah yang Digunakan Barrack Obama Pelesir ke Indonesia

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 28 Juni 2017 | 19:20 WIB

Pesawat jet pribadi mewah yang ditumpangi keluarga Barack Obama ke Indonesia

Intisari-Online.com - Alih-alih menggunakan pesawat jet komersil, rombongan keluarga Barrack Obama ke Indonesia untuk berwisata  ke Bali, Yogyakarta, dan Jakarta memilih menggunakan pesawat jet pribadi yang bisa menempuh penerbangan jarak jauh.

Pesawat jet khusus yang ditumpangi keluarga Obama ini adalah jenis Gulfstream V model GV yang merupakan pengembangan dari pesawat Gulfstream IV dan diproduksi oleh industri pesawat Gulfstream Aerospace, AS.

(Baca juga: Raptor, Kacamata Pintar yang Membuat Pesepeda Seperti Sedang Mengendarai Pesawat Jet)

Sebagai pesawat pribadi yang para penumpangnya gemar berpetualang, seperti Obama dan keluarganya, Gulfstream V bisa terbang hingga ketinggian 51 ribu kaki (16 ribu m) hingga nyaris menembus batas angkasa luar.

Untuk penerbangan jarak jauh, Gulfstream V juga sangat mumpuni karena mampu menempuh jarak 12.000 km tanpa mengisi bahan bakar ulang.

Maka untuk penerbangan dari AS ke Indonesia yang jaraknya sekitar 14.500 km, Gulfstream V cukup mengisi ulang bahan bakar satu kali.

Apalagi jika penerbangannya pada ketinggian 50 ribu kaki karena di ketinggian seperti itu bahan bakar yang digunakan pesawat makin irit.

Dalam operasionalnya pesawat jet yang berharga lebih dari 40 juta dolar itu diawaki oleh 5 personel dan bisa membawa 14 penumpang.

Karena memiliki kemampuan terbang hampir menembus batas cakrawala Gulfstream yang dilengkapi peralatan serba canggih itu selain dioperasikan oleh kalangan sipil juga militer.

(Baca juga: Alex Simon, Penumpang Satu-satunya di Pesawat Sehingga Ia Seperti Berada di Pesawat Pribadi)

Sistem penerbangan  Gulfstream juga dilengkapi dengan sistem dan teknologi serba digital, dilengkapi  sistem navigasi satelit (GPS) dan sistem penerbangan auto pilot.

Demi menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan Gulfstream juga dilengkapi radar pemandu inframerah, Enhanced Vision System (EVS) sehingga memungkinkan pesawat bisa terbang dalam segala cuaca, termasuk melakukan pendaratan dalam cuaca paling buruk.