Find Us On Social Media :

Ditawarkan Sebagai Akar Keberuntungan, Penis Kadal Ini Laku Rp857 Juta

By Agus Surono, Minggu, 25 Juni 2017 | 21:30 WIB

Penis kadal tiruan.

Intisari-Online.com -  Perdagangan satwa liar ilegal adalah bisnis besar. Tapi komoditasnya tak melulu gading gajah dan bulu harimau.

Semenjak era perdagangan dalam jaringan (daring), beberapa flora dan fauna ilegal pun meramaikan bursa jual beli. Bahkan termasuk jenis yang tidak diperdagangkan sebelumnya.

Namun, di balik maraknya bisnis itu, terselip ulah penjual yang menipu. Mereka menjual barang palsu komoditas yang langka. Salah satunya adalah penis kadal.

Penyelidikan yang baru-baru ini dilakukan oleh World Animal Protection menemukan bahwa penis kadal kering yang dikabarkan bertuah itu ternyata Hatha Jodi, akar tanaman tantra yang digunakan dalam beberapa praktik tradisional dari India dan Nepal.

Penis kadal masuk dalam kategori hemipenis, yakni organ kopulasi berkepala dua dari beberapa reptil jantan, termasuk kadal dan ular.

(Baca juga: Begini Penampakan Kadal Berkepala Dua)

Hatha Jodi, di sisi lain, adalah akar tanaman langka dari India tengah dan Nepal yang dipercaya oleh beberapa orang membawa keberuntungan bagi siapa saja yang memilikinya.

Penyelidik menemukan bahwa penis kadal dijual melalui toko daring yang ada di Amazon, Ebay, Alibaba, Snapdeal, Etsy, dan platform e-dagang lainnya.

Harganya berkisar dari AS$6 (sekitar Rp78 ribu) sampai AS$63 (sekitar Rp819 ribu), tergantung pada ukurannya, meskipun ada yang berani menjual hingga AS$254 (Rp3,3 juta).

"Kami terkejut dengan keberanian dan skala dari perdagangan satwa liar ini," ilmuwan utama Dr Neil D'Cruze dari World Animal Protection mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Pedagang menolak tuduhan bahwa akar tanaman suci yang dikenal dengan 'Hatha Jodi' yang mereka jual sebenarnya hanyalah penis kadal kering.

Pedagang itu tentu tergiur sebab akar tanaman suci itu di Inggris dan Amerika Serikat bisa dihargai dengan nilai £50.000 GBP (sekitar Rp850 juta)!