Find Us On Social Media :

Kutukan Berlian Hope yang Membawa Petaka Berantai Termasuk pada Raja Prancis

By Ade Sulaeman, Jumat, 23 Juni 2017 | 09:00 WIB

Misteri berlian Hope

Intisari-Online.com – Kisah romantis dan penuh ancaman seringkali melekat dengan berbagai batu permata raksasa di dunia, namun tidak ada satu pun yang lebih romantis dan memiliki aura misterius dibandingkan Batu Permata Hope.

Konon, siapa pun yang pernah memiliki batu permata itu akan terkena kutuk disertai malapetaka yang luarbiasa.

Berlian Hope untuk pertama kalinya muncul dalam sejarah ketika pada abad ke-17 seorang penjual berkebangsaan Perancis bernama John Baptiste Tavernier membeli sebuah berlian besar, berwarna biru berukuran 112.50 karat dari India.

Tavernier tidak mau menceritakan dari mana dia memperoleh batu permata tersebut, namun rumor mengatakan batu itu dicuri dari mata salah satu dewa di dalam kuil Rama-Sita di dekat Mandalay.

Di samping itu tersebar berita, dewa itu akan membalas dendamnya kepada siapa pun yang memiliki batu permata yang dicuri tersebut.

(Baca juga: Kapal Perang Kebanggaan Nazi Jerman Ini Dianggap Terkutuk, Rententan Nesib Buruk Ini Jadi Buktinya)

Travernier menjual berlian itu kepada satu-satunya pria di Perancis yang benar-benar mampu memilikinya, yaitu Raja Louis XIV.

Si pedagang berlian itu sendiri akhirnya tampak menderita beberapa kerugian finansial dan akhirnya mati mendadak di tengah perjalanan menuju ke Rusia.

Raja kemudian mengubah bentuk berlian itu menjadi bentuk hati dan pada saat itu disebut sebagai batu Biru Perancis.

Batu mulia yang membawa kutukan itu justru memberi berkah baginya. Perancis menjadi jaya dan kekuasaan monarkinya berlangsung lama.

Warisan kerajaan itu akhirnya jatuh ketangan Raja Louis XVI, yang  menghadiahkannya kepada isterinya, Ratu Marie Antoinette.

(Baca juga: Misteri Cincin Terkutuk Bintang Film Bisu Rudolph Valentino yang Lekat dengan Kesialan)