Find Us On Social Media :

Soal Liburan Bareng Keluarga, Kompak Dulu Baru Berangkat

By Moh Habib Asyhad, Senin, 19 Juni 2017 | 12:30 WIB

Kenikmatan Liburan Sudah Dapat Kita Rasakan Sejak Merencanakannya

Intisari-Online.com – Ketika memutuskan berlibur ke suatu tempat bersama keluarga, segeralah duduk satu meja dengan anak dan istri atau suami.

Tentukan secara bersama objek wisata, sarana transportasi, dan sarana akomodasinya agar liburan menjadi ajang kebersamaan yang menyenangkan.

(Baca juga: Tips Bugar Saat Liburan Menggunakan Mobil Pribadi)

Karena temanya liburan keluarga, sebaiknya sejak sebelum berangkat, seluruh anggota keluarga sudah dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan.

Termasuk menentukan sarana transportasi dan akomodasi yang akan digunakan.

Ya, tak ada salahnya menegakkan iklim demokrasi sejak dini, dengan mendengarkan pendapat anak-anak dan istri atau suami.

Pertama-tama, tentu saja rundingkan objek wisata yang hendak disatroni. Jika tinggal di Jakarta, misalnya, tentukan apakah mau mengunjungi objek yang berlokasi lumayan jauh, seperti Yogyakarta, Malang, Semarang, Cirebon, Surabaya.

Atau yang dekat-dekat saja, semisal Bandung dan seputar Jabodetabek. Ingat, pemilihan objek wisata kelak berpengaruh terhadap anggaran dan sarana transportasi yang akan digunakan.

Objek wisata mestinya tidak hanya mengakomodasi kepentingan orang dewasa, tapi juga anak-anak.

Contohnya, pertimbangkan lokasi yang tak hanya bersuasana piknik, tapi juga belajar menghargai alam, pelajaran yang pasti tak mereka dapat di bangku sekolah.

Setelah itu kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya (manfaatkan brosur di biro perjalanan atau internet) tentang tempat wisata yang Anda incar.

Jangan sampai kecele, ketika tiba di lokasi, eh ternyata sudah tutup karena pengelolanya bangkrut.