Find Us On Social Media :

Inilah Nenek Mastanamma, Youtuber Tertua di India yang Gemar Membagikan Resep-resep Tradisional Negaranya

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 18 Juni 2017 | 10:40 WIB

Nenek Mastanamma, Youtuber tertua di India

Intisari-Online.com - Nenek berusia 106 dan tinggal di Andhra Pradesh, India, menjadi bintang YouTube, rasanya mustahil. Tapi tidak ada yang tak mungkin bagi Nenek Mastanamma.

Ia membuktikan bisa menjadi Youtuber tertua di India—mungkin juga dunia—yang begitu gemar membagikan resep-resep tradisional negaranya.

Kanal YouTube-nya sudah punya 300 ribu subscriber dan 52 juta view.

(Baca juga: Nenek 70 Tahun Ini Sudah 28 Tahun Tak Mengonsumsi Gula, Hasilnya Sungguh Luar Biasa)

Diposting oleh cicitnya, K Laxman, dan temannya, Srinath Reddy, video-video Mastanamma menunjukkan bagaimana nenek berkacamata itu membuat resep-resep dari semangka, ayam, dan telur emu goreng, lalu memanggang labu dan kari susu dan roti dadar, dan resep-resep tradisional lainnya.

Mastanamma, yang tak punya akta kelahiran tapi keluarganya yakin ia berusia 106 tahun, biasa memasa sembari duduk lesehan di tempat terbuka, mengupas sayuran dengan kuku pada jemarinya.

Ia juga hanya menggunakan alat-alat memasak paling dasar seperti panci logam besar di atas kompor sederhana. Ia juga menggunakan pisau pengiris tua khas India dikenal dengan “Bonti”, yang mata pisaunya melengkung.

Tapi menu-menu tradisional bukan satu-satunya yang mendominasi video-video itu. reportoannya juga meluas ke masakan-masakan Barat. Pada satu sisi ia menunjukkan cara membuat keripik kentang Prancis—dengan bumbu yang sedikit lebih banyak daripada yang biasa ditemumukan di gerai-gerai makanan cepat saji.

Video yang lain menunjukkan ia membuat burger ayam dengan irisan keju yang meleleh. Yummy!

Mastanamma, yang dulu bekerja sebagai koki di hotel milik anaknya, mula-mula bingung kenapa aksinya mesti direkam dan ditayangkan di YouTube. Tapi kini ia gembira saat melihat antusiasme orang-orang melihat kelincahannya itu.