Penulis
Intisari-Online.com- MaskapaiGaruda Indonesiabaru saja mendapat tiga penghargaan dari TripAdvisor Traveller's Choice Awards tahun 2017. Salah satu kategori paling bergengsi yang diraih Garuda Indonesiaadalah masuk dalam sepuluh besar maskapai terbaik di dunia.
"Bukan hal mudah menyenangkan orang, terutama bagi maskapai yang melayani perjalanan udara. Semua detail itu penting danGaruda Indonesiamelebihi ekspektasi," kata Vice President Flight TripAdvisor, Jami Counter saat memberikan penghargaan di Kantor PusatGaruda Indonesia, Tangerang, Jumat (16/6/2017).
Penghargaan yang diberikan lewat kuantitas dan kualitas dari para pengguna situs pejalan TripAdvisor dirasa oleh Direktur UtamaGaruda Indonesia, Pahala N Mansury sebagai penilaian objektif karena berdasarkan penilaian langsung pengguna.
KompasTravellantas melihat respon dari ulasan para pengguna TripAdvisor mengenaiGaruda Indonesiadi situsnya langsung.
Total ada 2.794 ulasan yang diberikan kepadaGaruda Indonesia.
Dengan pembagian 1.450 ulasan yang meresponGaruda Indonesia luar biasa, 993 ulasan sangat baik, 203 ulasan biasa saja, 68 ulasan buruk, dan 80 ulasan sangat buruk.
"Pelayanannya keren banget, enggak pernah kecewa sama maskapai plat merah ini. Mulai dari petugascheck in, pramugari, petugasboarding gate. Masukan saja,entertaimentuntuk anak-anak tolong diperbanyak," kata pengguna TripAdvisor, Putriayuper asal Indonesia.
Ada juga pengguna asal Perth Australia, Fosseboy yang membandingkan pelayananGaruda Indonesia20 tahun lalu.
"Saya menggunakanGaruda Indonesia20 tahun lalu dan itu pengalaman yang buruk. Kali ini mereka katakan pengalaman akan lebih baik, dan memang baik.Check in-nya cepat, dan kursinya oke tetapi saya tak mau lebih dari dua jam di kursi itu, pelayanan sangat ramah, pesawat modern, tetapi sistem hiburan buruk dibanding kompetitor," katanya.
Rata-rata pengguna TripAdvisor memuji layanan dari kru kabin, makanan yang lezat dengan porsi yang cukup besar, jadwal penerbangan yang tepat waktu, dan penerbangan yang lancar.
Meski begitu masih banyak masukkan untukGaruda Indonesiaperihal kenyamanan kursi pesawat khususnya bagi penumpang mancanegara, sistem dan konten hiburan, pelayananground handling, dan perubahan jadwal.
Berbagai masukan tersebut adalah tantangan bagiGaruda Indonesia agar dapat menjadi lima besar maskapai terbaik di dunia, bersaing dengan Emirates, Singapore Airlines, Azul, Jet Blue, dan Air New Zealand. (SILVITA AGMASARI)
(Artikel ini pernah dimuat di Kompas.com dengan judul: Masuk 10 Besar Maskapai Terbaik Dunia, Apa Keunggulan Garuda?)