Find Us On Social Media :

Inilah Keunggulan Garuda Sehingga Masuk 10 Besar Maskapai Terbaik Dunia

By Agus Surono, Sabtu, 17 Juni 2017 | 19:30 WIB

Garuda Indonesia Tambah Panjang Daftar Maskapai Penerbangan yang Melarang Galaxy Note 7

Intisari-Online.com - Maskapai Garuda Indonesia baru saja mendapat tiga penghargaan dari TripAdvisor Traveller's Choice Awards tahun 2017. Salah satu kategori paling bergengsi yang diraih Garuda Indonesia adalah masuk dalam sepuluh besar maskapai terbaik di dunia.

"Bukan hal mudah menyenangkan orang, terutama bagi maskapai yang melayani perjalanan udara. Semua detail itu penting dan Garuda Indonesia melebihi ekspektasi," kata Vice President Flight TripAdvisor, Jami Counter saat memberikan penghargaan di Kantor Pusat Garuda Indonesia, Tangerang, Jumat (16/6/2017).

Penghargaan yang diberikan lewat kuantitas dan kualitas dari para pengguna situs pejalan TripAdvisor dirasa oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N Mansury sebagai penilaian objektif karena berdasarkan penilaian langsung pengguna.

KompasTravel lantas melihat respon dari ulasan para pengguna TripAdvisor mengenai Garuda Indonesia di situsnya langsung.

Total ada 2.794 ulasan yang diberikan kepada Garuda Indonesia.

Dengan pembagian 1.450 ulasan yang merespon Garuda Indonesia luar biasa, 993 ulasan sangat baik, 203 ulasan biasa saja, 68 ulasan buruk, dan 80 ulasan sangat buruk.

"Pelayanannya keren banget, enggak pernah kecewa sama maskapai plat merah ini. Mulai dari petugas check in, pramugari, petugas boarding gate. Masukan saja, entertaiment untuk anak-anak tolong diperbanyak," kata pengguna TripAdvisor, Putriayuper asal Indonesia.

Ada juga pengguna asal Perth Australia, Fosseboy yang membandingkan pelayanan Garuda Indonesia 20 tahun lalu.

"Saya menggunakan Garuda Indonesia 20 tahun lalu dan itu pengalaman yang buruk. Kali ini mereka katakan pengalaman akan lebih baik, dan memang baik. Check in-nya cepat, dan kursinya oke tetapi saya tak mau lebih dari dua jam di kursi itu, pelayanan sangat ramah, pesawat modern, tetapi sistem hiburan buruk dibanding kompetitor," katanya.

Rata-rata pengguna TripAdvisor memuji layanan dari kru kabin, makanan yang lezat dengan porsi yang cukup besar, jadwal penerbangan yang tepat waktu, dan penerbangan yang lancar.

Meski begitu masih banyak masukkan untuk Garuda Indonesia perihal kenyamanan kursi pesawat khususnya bagi penumpang mancanegara, sistem dan konten hiburan, pelayanan ground handling, dan perubahan jadwal.

Berbagai masukan tersebut adalah tantangan bagi Garuda Indonesia agar dapat menjadi lima besar maskapai terbaik di dunia, bersaing dengan Emirates, Singapore Airlines, Azul, Jet Blue, dan Air New Zealand. (SILVITA AGMASARI)

(Artikel ini pernah dimuat di Kompas.com dengan judul: Masuk 10 Besar Maskapai Terbaik Dunia, Apa Keunggulan Garuda?)