Find Us On Social Media :

Harap Diperhatikan Bagi yang Hendak Mudik Lebaran 2017, Mudik dengan Naik Motor Bonceng Tiga akan Ditilang

By Moh Habib Asyhad, Senin, 12 Juni 2017 | 11:50 WIB

Naik motor bonceng tiga

Intisari-Online.com - Musim Mudik Lebaran 2017 sebentara lagi. Bagi yang hendak menggunakan sepeda motor, harap diperhatikan bahwa kepolisian akan menindak tegas mereka yang ketahuan naik motor boncengan tiga saat mudik.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah memberi lampu hijau bagi kepolisian untuk melakukannya.

(Baca juga: Wow! Bank Ini Tawarkan Promo Mudik ‘Spesial’, Ongkosnya Seharga Satu Mitsubishi Pajero)

Seperti dilaporkan Tribunnews.com, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat) Pudji Hartanto mengatakan tidak bisa melarang pemudik menggunakan sepeda motor untuk pulang kampung, namun hanya bisa mengimbau mentaati peraturan.

“Kalau bisa dilarang mending larang saja, tapi di Undang-undang tidak ada peraturan tidak boleh jarak jauh, hanya bisa mengimbau taati peraturan lalu lintas, kalau tidak ditindak saja,” kata Pudji di Gedung Kemenhub, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (11/6).

Ia menambahkan, mudik dengan motor saat ini menjadi kebutuhan bagi masyarakat, namun, yang perlu diketahui, jika kapasitas motor hanya untuk dua orang, tidak lebih dan tidak dimodifikasi.

“Tidak boleh bonceng tiga, hanya bonceng satu, kalau pacarnya, pacarnya saja, tidak boleh sama istri, apalagi pacar dan istri dibonceng tiga,” kata dia, berkelakar.

Mantan Kapolda Sulawesi Selatan itu juga mengimbau pemudik dengan motor kondisi fisiknya harus prima dan meanfaatkan jembatan timbang untuk istirahat.

“Pemudik itu ada titik lelahnya, dan pemotor sangat rentan, kalau lelah jembatan timbang di sepanjang jalur mudik di Jawa bisa dimanfaatkan, ada 45 jembatan timbang yang difungsikan sebagai rest area,” kata Pudji.

Selain itu, Pudji juga menyaranakan pemudik memanfaatkan angkutan motor gratis yang disediakan oleh pemerintah dengan berbagai mode transportasi antara lain kereta api, kapal laut dan bus.

(Baca juga: Mudiklah Lebaran Kali Ini, agar Orangtua Kita Tak Terkena Sindrom Ruang Kosong)

Diketahui, pada tahun ini, Kemenhub memprediksi pemudik dengan motor meningkat 15,42 persen dari 4,60 juta pada 2016 menjadi 5,30 juta pada tahun ini.