Find Us On Social Media :

Angkat Topi Tinggi-tinggi untuknya, Selama 40 Tahun Pria Ini Berjuang untuk Menghidupkan Kembali Hutan yang Gundul

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 11 Juni 2017 | 20:15 WIB

Antonio Vicente, 40 tahun menghijaukan kembali hutan yang gundul

Intisari-Online.com Antonio Vicente (83 tahun) adalah seorang tuan tanah yang berbeda di Brasil. Hampir separuh usianya digunakan untuk menghidupkan kembali hutan yang gundul.

Biasanya, pemilik tanah menggunakan tanahnya untuk pertanian atau peternakan. Berbeda dengan Antonio, tanah gundul yang dimilikinya ia tanami kembali dengan pepohonan.

(Baca juga: Gawat, Pilkada malah Bikin Hutan Gundul!)

Tujuannya cuma satu. Ia ingin mengembalikan hutan yang lebat seperti masa kanak-kanaknya dulu.

Perjuangan Antonio berawal pada 1973. Ia tertantang untuk memulihkan hutan di atas lahan seluas 31 hektar miliknya. Sebelumnya, lahan itu dibabat untuk digunakan sebagai tempat mengembala ternak.

Ironisnya, lahan di luar daerah Sao Pablo itu dibelinya dengan mengkredit kepada pemerintah militer. Pemerintahan tersebut justru mempromosikan penebangan hutan dan berinvestasi dengan teknologi pertanian terbaru.

Namun Antonio tidak berminat menggunakan uangnya untuk meningkatkan pertanian nasional. Ia hanya ingin menghidupkan hutan kembali.

Para tetangganya yang peternak sapi dan penghasil susu menganggap Antonio bodoh. Menurut mereka, menanam pohon hanya menyia-nyiakan lahan saja dan tidak akan dapat penghasilan.

Sebabnya, jika lahan itu penuh dengan pepohonan, tidak ada lagi ruang untuk memelihara ternak dan berladang.

Padahal Antonio menyadari bahwa kerusakan yang ditimbulkan akibat penggundulan hutan lebih besar dibandingkan keuntungan financial.

Sebagai anak yang tinggal di pedesaan, ia sering melihat ayahnya dan penduduk desa lainnya menebang hutan atas perintah tuan tanah.