Find Us On Social Media :

Black Box Lion Air JT 610 Ditemukan, Sebelum Digunakan Black Box Harus Lewati 'Penyiksaan' ini

By Intisari Online, Kamis, 1 November 2018 | 16:30 WIB

Intisari-Online.com – Black box atau kotak hitam pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, akhirnya berhasil ditemukan dan diangkat Kamis (1/11/2018) siang.

Black box ditemukan sekitar pukul 10.00 WIB oleh Sertu Marinir Hendra Saputra, anggota tim penyelam TNI AL, di kedalaman sekitar 30 meter.

Black box memang menjadi komponen vital pada pesawat yang paling dicari ketika terjadi kecelakaan.

Benda yang aslinya berwarna oranye ini adalah perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

Baca Juga : (BREAKING NEWS) Black Box Pesawat Lion Air JT 610 Berhasil Diangkat dari Dalam Laut

Fungsinya untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Begitu pentingnya benda ini, sebelum dipasangkan di ekor pesawat komersial dan digunakan, black box harus melewati serangkaian siksaan-siksaan guna menguji kemampuannya untuk menjaga memori yang disimpan di dalamnya.

Apa saja pengujian tersebut?

Baca Juga : BREAKINGNEWS: Detik-Detik Dua Penyelam Menemukan dan Mengangkat Black Box Lion Air Jt 610

1. Benturan

Peneliti menembakan udara untuk menciptakan tubrukan setara 3.400 G (1G merupakan gaya gravitasi bumi yang mengindikasikan berat benda tersebut).

Terkena 3.400 G berarti dijatuhi benda seberat 3.400 kali berat benda itu.

2. Tusukan