Find Us On Social Media :

NASA: Dari Jutaan Planet, Ada 7 yang Mirip Bumi namun Hanya 3 Planet yang Layak Huni

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 11 Juni 2017 | 17:45 WIB

Ada 7 planet mirip bumi

Intisari-Online.com - Saat ini, The National Aeronautics and Space Administration atau dikenal dengan NASA telah mencatat ada sekitar 7 planet yang diduga mirip Bumi.

Dilansir dari Futurism, dari 7 planet “mirip” Bumi tersebut, ada 3 yang layal huni atau “Goldilocks Zone”.

(Baca juga: Parker Solar Probe, Misi Ambisius NASA yang Ingin ‘Menyentuh’ Matahari)

Salah satu persamaan dari 3 planet ini adalah memiliki laut yang sangat luas sehingga bisa menjadi sumber kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Sementara empat planet lainnya masih belum diketahui apakah memiliki karakteristik persamaan yang sama dengan 3 planet yang ada lautan tersebut.

“Kami menemukan banyak planet yang mirip Bumi. Namun ada 7 yang mendekati karakteristik Bumi dan hanya 3 yang layak dihuni manusia,” ucap Michael Gillon, pemimpin penelitian di NASA.

“Tata surya itu sangat luas. Ada jutaan planet yang ada namun hanya 3 itulah yang memiliki ukuran dan ciri khas yang sama dengan Bumi.”

Ketujuh planet yang disebut mirip Bumi itu disebut dalam formasi “Trappist-1”. Sementara nama ketiga planet yang memiliki lautan diberi nama Trappist-1e, f, dan g.

Dari 3 planet yang memiliki lautan, Trappist-1f adalah planet yang diklaim paling sesuai dengan Bumi dan layak hunu. Sebab, lautannya lebuh luas daripada lainnya namun suhunya lebih dingin dari Bumi.

(Baca juga: Planet Paling Mirip Bumi Kepler-438b Dipastikan Tak Layak Huni)

Sayangnya, letak planet-planet mirip Bumi ada pada jarak 40 juta tahun cahaya. Jika mau ke sana, maka dibutuhkan waktu ratusan juta tahun.