Find Us On Social Media :

Duh! Harapan Hidup Penderita Kanker Serviks Stadium 4 seperti yang Diderita Jupe Hanya 10 Persen

By Ade Sulaeman, Sabtu, 10 Juni 2017 | 12:30 WIB

Julia Perez

Intisari-Online.com - Kanker serviks stadium 4 yang diderita oleh almarhum Julia Perez ternyata termasuk kondisi penyakit yang sulit untuk disembuhkan.

Bahkan persentase harapan hidup penderitanya hanya mencapai 10%, alias sulit untuk bertahan hidup lebih lama.

(Baca juga: BREAKING NEWS: Julia Perez Meninggal Dunia)

Salah satu penyebabnya adalah gejala awal kanker serviks sering tidak disadari oleh pasiennya maupun calon penderitanya.

Celakanya, begitu menginjak stadium yang sudah lanjut, baru sadar bahwa dirinya menderita kanker serviks, kemudian menyesal mengapa tidak memerhatikan kesehatan organ intim dan tubuh sejak dini.

Padahal, ketika sel-sel yang mengalami dysplasia belum mengarah ke sel kanker serviks yang ganas, jika diketahui lebih dini masih bisa diatasi, dan tentu saja ini berpengaruh pada tingkat kesembuhan penderita, serta kelangsungan hidupnya.

Menurut dr Najib Budhiwardoyo, SpOG dari RS Aisiyah Kudus - HaloDoc, persentase hidup penderita kanker serviks untuk bisa bertahan hidup sampai lima tahun tergantung dari stadiumnya.

(Baca juga: Jupe Meninggal Dunia: Perhatikan Gejala Berikut Supaya Tidak Terkena Kanker Serviks Seperti Diderita Jupe)

Jika kanker serviks ditemukan masih masih pada stadium awal (satu),  persentase untuk bisa hidup sampai lima tahun masih 80 persen.

“Kalau sudah masuk ke stadium II A, tingkat kesembuhannya 70 persen, jika sudah masuk stadium II B-III B harapan hidupnya 45 persen.

Yang menyedihkan, jika kanker serviks sudah berada pada stadium IV, kemampuan pasien untuk bertahan hidup hanya 10 persen.

Sudah saatnya, wanita yang aktif secara seksual atau begitu ia menikah, agar tanggap terhadap gejala-gejala kanker serviks yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) ini.