Find Us On Social Media :

Sedikit Perokok yang Tahu, Ada Tambahan Gula di dalamnya yang Membuatnya Makin Beracun

By Masrurroh Ummu Kulsum, Minggu, 28 Oktober 2018 | 06:00 WIB

Intisari-Online.com – Sangat sedikit perokok tahu ada gula yang ditambahkan ke rokok, demikian menurut survei terbaru, dikutip dari AsiaOne pada Sabtu (27/10).

Selain itu, sangat sedikit juga yang menyadari bahwa penambahan gula meningkatkan racun dalam asap rokok, tulis peneliti dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research.

"Pengetahuan adalah kekuatan dan ada kesenjangan yang jelas dalam kesadaran," kata ketua peneliti Andrew Seidenberg, seorang mahasiswa doktor kesehatan masyarakat di University of North Carolina di Chapel Hill.

Rokok mengandung gula alami dan tambahan untuk mengurangi kerasnya asapnya, sehingga membuatnya lebuh mudah untuk dihisap.

Baca Juga : Bayi Berusia 10 Bulan Menelan Daun Ganja, Ini yang Terjadi padanya Kemudian

Tetapi ini juga meningkatkan jumlah bahan kimia berbahaya dalam asap dan potensi kecanduan merokok, kata Seidenberg.

Seidenberg dan rekannya mensurvei 4.350 perokok dewasa dengan merekrut mereka melalui Amazon Mechanical Turk untuk berpartisipasi dalam percobaan online tentang iklan e-rokok.

Pada akhir percobaan, pengambil survei menjawab dua pertanyaan tentang tambahan gula dalam rokok, yakni:

1. Apakah gula ditambahkan ke rokok?

2. Menambahkan gula pada rokok meningkatkan racun dalam asap rokok. Sebelum survei ini, pernahkah Anda mendengar efek tambahan gula ?

Para peserta juga memiliki pilihan untuk menyediakan komentar terbuka di akhir penelitian.

Para peneliti menemukan bahwa 5,5 persen peserta tahu bahwa gula ditambahkan ke rokok.

Proporsi yang tahu ini tidak pernah lebih tinggi dari 10 persen ketika responden dikelompokkan berdasarkan karakteristik seperti jenis kelamin, usia, pendapatan, tingkat pendidikan, ras dan etnis.