Find Us On Social Media :

Viral, Kabar Pisang Disuntikan Darah HIV, Benarkah HIV Ditularkan Dengan Cara Itu?

By Afif Khoirul M, Kamis, 25 Oktober 2018 | 14:37 WIB

 

Intisari-online.com - Beberapa waktu lalu ada kabar tersiar mengenai pisang berdarah yang disebut-sebut telah disuntikan darah HIV.

Kabar tersebut dengan cepat menyebar melalui media sosial Facebook dan WhatsApp, hingga  membuat warganet penasaran dengan isu tersebut.

Dalam informasi yang beredar melalui platform WhatsApp tersebut, disebutkan bahwa bercak merah dalam pisang adalah darah orang yang menderit penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Pesan itu juga menyebutkan, darah penderita HIV sengaja disuntikkan dalam makanan oleh pengikut aliran sesat yang bertujuan membunuh jutaan orang di seluruh dunia.

Baca Juga : Beli Kamera Tua Buatan Tahun 1929, Pria Ini Temukan Potret Kehidupan 70 Tahun Lalu yang Menakjubkan

Ternyata, informasi ini pernah diunggah oleh akun Fanpage Facebook Cahaya Surga pada tanggal 26 April 2018.

Hingga hari ini, Kamis (25/10/2018) informasi ini telah dibagikan oleh puluhan ribu pengguna dan mendapat ratusan komentar.

Informasi tentang pisang yang mengandung darah penderita HIV ini rupanya dimulai ketika seorang bocah berusia 10 tahun, yang membeli pisang di sebuah supermarket terkenal Walmart di Tulsa, Oklahoma.

Setelah mengonsumsi pisang, bocah itu langsung dilarikan ke rumah sakit karena mengalami demam tinggi dan sakit kepala yang amat sangat selama tujuh hari.

Baca Juga : Kisah Tragis Pemenang Lotere Rp223 Milliar, Habiskan Uangnya Dengan Cara Gila Hingga Bangkrut dan Jadi Tukang Sampah

Setelah dilakukan tes darah, bocah malang ini positif terkena virus HIV.

Tak selesai sampai di situ, delapan anak lain rupanya juga mengalami hal yang sama pada bulan Maret lalu.

Peristiwa ini membuat Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat buka suara setelah berita tersebut menyebar dan menjadi viral.

Pihak CDC mengatakan bahwa cerita tersebut adalah hoaks, karena tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Baca Juga : 10 Manfaat Jepan alias Labu Siam yang Jarang Diketahui. Salah Satunya Bisa Tingkatkan Fungsi Otak, Lo!