Find Us On Social Media :

Jokowi dan Prabowo Berebut 'Hati' Kaum Muda: Bung Karno Malah Pernah Dicemooh Pemuda Gara-gara Berpakaian Trendi

By Ade Sulaeman, Kamis, 25 Oktober 2018 | 12:15 WIB

Intisari-Online.com - Jelang pemilihan presiden di tahun 2019, kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden ingin meraih suara dari berbagai kalangan, termasuk kaum muda.

Khusus untuk kaum muda, kedua pasangan capres-cawapres tak hanya mengunjungi atau bertemu dengan kaum muda, tapi juga mengenakan pakaian bak anak muda.

Jaket atau rompi jin adalah salah satu atribut 'kaum muda' yang digunakan para calon.

Ya, upaya para (calon) pemimpin merebut hati pemuda memang tidak mudah, dan itu sudah terjadi sebelum kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga : Harta Bung Karno di Swiss dan Manado Hanya Kebohongan, Ini Harta yang Sebenarnya, 60 Unit Mobil Mewah!

Bung Karno adalah salah satu sosok pemimpin Indonesia yang memiliki hubungan yang komlpleks dengan kaum muda.

Bahkan bisa dikatakan hubungannya dengan kaum muda sering berjalan tidak harmonis.

Peristiwa penculikan Bung Karno (juga Bung Hatta) oleh para pemuda ke Rengasdenglok bisa menjadi contoh paling mudah diingat.

Artikel "Sukarno Versus Kaum Muda" yang ditulis oleh sejarawan LIPI Dr. Asvi Warman Adam di majalah Intisari edisi Agustus 2009 berikut ini menggambarkan naik-turunnya hubungan Bung Karno dengan kaum muda.

Baca Juga : Salinan Surat Wasiat Bung Karno Bernilai Miliaran Rupiah Beredar, Istri Ketujuhnya pun Bongkar Kondisi yang Sebenarnya, Memprihatinkan!

Sukarno menjadi Presiden Rl pertama di usia muda. Tapi dia juga kerap berseberangan dengan para pemuda. Betulkah tak ada sinergi antara perjuangan Sukarno dan para pemuda?

--

Sukarno pernah berhadapan dengan para pemuda tahun 1945 dan 1966. Berita kekalahan Jepang dari Sekutu pada Agustus 1945 tidak serta-merta menyebabkan pemimpin Indonesia itu bersikap.