Find Us On Social Media :

Jebakan Rentenir Online: Kenali Ciri dan Cara Kerja Mereka Agar Tak Tercekik Bunganya

By Masrurroh Ummu Kulsum, Rabu, 17 Oktober 2018 | 19:00 WIB

Intisari-Online.com – Dalam sebuah postingan di akun instagram @lambe_turah pada Rabu (17/10/2018), ada informasi mengenai para korban pinjaman online yang berdemo di Monas, Jakarta.

Keterangan dalam postingan tersebut menyebut, para korban menyampaikan keluhan mengenai bunga pinjaman online yang menjerat mereka begitu tinggi.

Tidak disebutkan nama penyedia jasa pinjaman online dalam postingan tersebut, tetapi, dalam foto tertulis rincian tagihan yang harus dibayarkan oleh peminjam.

Dengan jumlah pinjaman Rp2,7 juta, peminjam harus mengembalikan uang sejumlah Rp3.348.000, di mana di dalamnya dirinci alokasi dana sejumlah itu untuk membayar apa saja.

Baca Juga : Di China, Rentenir Wajibkan Nasabah Berikan Foto Telanjangnya saat Akan Ambil Pinjaman

Di era yang serba online seperti ini, penyedia jasa pinjaman uang secara online memang sedang marak.

Kemudahan dana cair secara cepat, dengan syarat mudah dan tanpa agunan (jaminan), seperti pisau bermata dua.

Bagi yang membutuhkan dana secara cepat karena terdesak keperluan tentu menguntungkan, di sisi lain pinjaman online juga membuat seseorang lebih mudah terbelit pada rentenir online.

Rentenir online perlu diwaspadai oleh masyarakat, hal ini diingatkan oleh Wimboh Santoso Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti dikutip dari Kompas.com, agar tak terjerat tawaran pinjaman uang online berbunga tingi.

Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui ciri rentenir online beserta cara kerja mereka.

Ciri Rentenir Online

Ciri utama rentenir adalah mereka menyediakan pinjaman atau utang dengan bunga di luar kewajaran.

Misalnya, bunga pinjaman tanpa agunan yang berlaku di pasar saat ini rata-rata kisaran 1 -3 persen per bulan, tetapi para rentenir bisa menawarkan pinjaman dengan bunga yang melampui batas.