Find Us On Social Media :

Arsitek Rumah-Rumah Ajaib Di Negeri Belanda Ini Seperti Cerita Negeri Dongeng

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 12 Oktober 2018 | 21:30 WIB

Intisari-Online.com – Pada dasarnya orang Belanda konservatif, tetapi ternyata ada juga ide-ide "kreatif” seperti yang dapat Anda saksikan pada  tulisan berikut ini.

Tulisan Rumah-rumah “Ajaib” di Negeri Belanda, ini pernah dimuat di Majalah Intisari edisi Oktober 1987.

Pada tahun lima puluhan dan enam puluhan, ide kreatif itu belum kelihatan karena Belanda masih  sangat kekurangan ruang untuk tinggal.

Baru kemudian beberapa kota praja mengambil keputusan untuk mendukung eksperimen di sana-sini. Hasilnya antara lain piramida di Huizen, rumah bola di Den Bosch, kubus berkaki di Rotterdam, rumah kaca di Almere dan gua mewah di Eindhoven.

Baca Juga : Mengintip Isi Wahana Rumah Hantu Paling Seram di Dunia, Tak Ada yang Bertahan Lebih dari 6 Jam

Manusia memerlukan privacy dan seperti setiap binatang, ia memerlukan pojok untuk dinikmati. Dinilai dari kriteria itu rumah kaca di Almere itu gagal total.

Arsiteknya, Jan Benthem dan Mels Couwel, memang tidak memikirkan untuk membuat rumah untuk keluarga biasa. Rumah tinggal teknik tinggi itu dirancang dalam tiga hari untuk suatu kompetisi arsitektur yang diadakan Kota Almere, kota muda di daerah Zuiderzee yang baru dikeringkan.

Pemenang kontes itu mendapat izin untuk melaksanakan  disainnya di pinggir Kota Almere, di sebuah lapangan kecil yang diberi nama The Fantasy.

Rumah kaca Benthem dan Couwel  merupakan proyek yang paling mencolok di The Fantasy. Letaknya juga agak terpencil di pinggiran kota.

Baca Juga : Rumah di Tebet Ini Tampak Sempit, Namun Siapa Sangka Mendapat Penghargaan Arsitektur Internasional!

Barang pribadi disimpan di mobil boks

Jan Benthem kini tinggal dalam rumah kaca itu bersama keluarganya. Dari dunia luar mereka hanya dipisahkan oleh venetian blinds yang menutupi ke tiga dinding kacanya.

Kalau kere itu ditarik, semua orang yang lewat bisa melihat apa saja yang terjadi di dalam.