Find Us On Social Media :

Bisakah Calo Beroperasi di Penerimaan CPNS 2018? Ternyata Begini Jawabannya

By intisari-online, Sabtu, 22 September 2018 | 15:45 WIB

Intisari-online.com - Pendaftaran CPNS 2018 resmi dibuka pada 19 september 2018.

Mungkin muncul pertanyaan, bagaimana tingkat transparansi penerimaan CPN tahun ini? Masihkan ada calo yang beroperasi?

Maklum, bergentayangannya calo di pendaftaran CPNS memang seperti menjadi momok tersendiri di sebagian kalangan masyarakat.

Untuk tahun ini, sejumlah pihak menjamin pendaftaran CPNS bebas dari campur tangan calo.

Baca Juga : Ada 878 Formasi CPNS 2018 Untuk Lulusan SMA di Kemenkunham, Tertarik Daftar?

Salah satunya adalah Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto

Dia bahkan mengimbau pendaftar CPNS tidak mempercayai calo yang mengiming-imingi bisa meloloskan pada penerimaan aparatur negara di provinsi tersebut.

"Kepada calon peserta CPNS, khususnya masyarakat Jambi, untuk tidak percaya pada oknum tidak bertanggung jawab atau calo yang menjamin meloloskan pada penerimaan CPNS Provinsi Jambi pada 2018," katanya di Jambi, (20/9).

Dianto meyakini, dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang diterapkan, maka akan menutup peluang kecurangan penerimaan dan tidak ada peserta yang dapat dijamin kelulusannya.

Baca Juga : Lowongan CPNS 2018: Ini 9 Jurusan dengan Formasi Paling Jarang Tersedia

"Tidak mungkin ada calo karena dengan sistem CAT dalam lima menit sudah diketahui hasilnya. Seorang Sekda juga tidak bisa menjamin kelulusan karena terkunci dengan program," ujarnya.

Sekda juga mengimbau peserta tes mencontoh calon pelamar CPNS yang sebelumnya telah mengikuti seleksi pada penerimaan Kemenkumham beberapa waktu lalu, sebab mereka tentu mempunyai pengalaman terkait pelaksanaan sistem tes yang dilakukan.

"Jika CPNS ini mau belajar dari pengalaman sebelumnya, mereka bisa bertanya kepada orang yang sebelumnya tes di Kemenkumham, terlebih dengan informasi media yang canggih saat ini mereka tidak terpengaruh calo-calo," ujarnya.