Find Us On Social Media :

Jack Ma: Saya Tidak Ingin Mati di Kantor, Saya Ingin Mati di Pantai

By Masrurroh Ummu Kulsum, Selasa, 11 September 2018 | 11:30 WIB

Intisari-Online.com – Terhitung Senin 10 September 2018, tepat pada usianya yang ke-54 tahun, pendiri sekaligus CEO Alibababa, Jack ma, mengundurkan diri dari jabatannya.

Jack Ma tidak lantas pensiun begitu saja, ia akan mengumumkan rencana suksesi di perusahannya.

Suksesi tersebut adalah bagian dari rencana manajemen sepanjang 10 tahun untuk mendapatkan eksekutif-eksekutif muda guna melanjutkan kepemimpinan Ma di Alibaba.

Ma akan tetap berada di jabatan tertinggi Alibaba sekaligus merumuskan perencanaan perusahannya.

Baca Juga : Melalui Sebuah Surat Mengharukan, Jack Ma Ungkap Alasan Pengunduran Dirinya dari Alibaba

Ma rupanya telah mengisyaratkan rencana pensiunnya ini dalam candaan di berbagai acara selama beberapa tahun terakhir.

Dikutip dari Scmp.com (11/9/2018), Ma mengungkapkan ketidakpuasan dengan kehidupannya yang sibuk dan kerinduannya untuk menjadi seorang guru seperti dulu.

Ma telah membayangkan masa-masa setelah dirinya pensiun.

Ma berulangkali membicarakan tentang jadwal perjalannyannya yang sibuk sejak pensiun sebagai chief executive officer dari Alibaba untuk menjadi ketua eksekutif.

“Ketika saya pensiun dari posisi CEO, saya mengatakan kepada tim CEO (pada 2013) saya harus lebih banyak bermain golf di pantai," tuturnya dalam sebuah wawancara dengan pembawa acara talk show Amerika Charlie Rose pada sebuah konferensi di Detroit pada Juni 2017.

"Saya menghabiskan 870 jam di udara tahun lalu, dan tahun ini, 1.000 jam. Masalahnya adalah, saya tidak ingin mati di kantor. Saya ingin mati di pantai," tambahnya.

Meski tidak lagi bertanggungjawab atas pengelolaan operasi harian Alibaba, ia tetap menjadi wajah publik perusahaan, berkeliling dunia untuk bertemu dengan kepala pemerintahan dan mensosialisasikan manfaat globalisasi serta kemajuan teknologi.

Baca Juga : Jack Ma Pensiun dengan Bergelimang Harta, Rupanya Ada Kisah 'Sengsaranya' yang Jarang Diekpos Media