Find Us On Social Media :

Kita Bisa Mencontoh Mereka, Banyak Tokoh Dunia Mencari Kesempurnaan Moral dengan Puasa

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 4 Juni 2017 | 17:45 WIB

Dalai Lama: Rahasia Panjang Umur Ada di Kepala

Intisari-Online.com – Banyak tokoh dunia yang mencari kekuatan mental serta kesempurnaan moral dengan melakukan puasa.

Mahatma  Gandhi, tokoh legendaris India dalam bidang politik maupun spiritual, sengaja berpuasa selama 21 hari demi mencapai tujuan perjuangannya bagi perdamaian India.

Bung Karno dalam kegigihan dan heroismenya, disebut sering berpuasa, terutama pada saat-saat kritis melawan penjajah Belanda maupun Jepang.

(Baca juga: Pernah Gagal? Jangan Khawatir, 3 Tokoh Dunia Ini Juga Pernah Gagal)

--

Ibadah puasa setiap bulan Ramadhan, seperti yang sedang ditunaikan oleh umat Islam pada bulan Ramadhan ini pun tidak hanya mengandung manfaat rohani.

Menurut acuan teori yang logis konseptual, berikut hasil eksperimen, atau riset di Barat, ternyata ibadah puasa sangat potential untuk mencekal berbagai penyakit atau mempercepat proses (katalisator) penyembuhannya.

Tanpa sikap sabar, tawakal, dan syukur, maka jiwa kita meski beridentitas mukmin atau mukminat dinyatakan sakit atau mengidap penyakit rohaniah.

Namun, berkat ibadah puasa dengan penuh keimanan dan tulus ikhlas mampu mempercepat proses penyembuhan berbagai penyakit.

Itulah sebabnya Allah S.W.T. sudah menegaskan bahwa segala penyakit sesungguhnya ada obatnya, namun orang sering terpaku pada pengobatan lahiriah saja.

Ekses modernisasi

Dampak modernisasi dengan segala eksesnya di segala bidang kian terasa, khususnya terhadap kesehatan individu dan sosial. Seperti  kita ketahui, masalah kesehatan berpengaruh langsung terhadap kualitas sumber daya manusia.