Find Us On Social Media :

Seperti Apakah Ponsel Baru dari Pencipta Android yang Digadang-gadang akan Saingi Apple dan Samsung?

By Agus Surono, Rabu, 31 Mei 2017 | 20:45 WIB

Ponsel ciptaan Andy Rubin, pencipta Android

Intisari-Online.com - Pada hari Selasa (30/5), pencipta Android, Andy Rubin, meluncurkan ponsel pintar pertama melalui perusahaan barunya, Essential. Berbulan-bulan rumor itu menggoda khalayak, seperti apakah bentuk ponsel itu.

Mengandalkan sistem operasi Android, perangkat ini mengemas beberapa fitur menarik, dan jelas ditujukan untuk bertempur langsung melawan pabrikan ponsel papan atas seperti Apple dan Samsung.

(Baca juga: Wanita Ini Kehilangan 33.000 Foto dan Data Gara-gara Charger Ponsel. Kok, Bisa?)

Satu hal yang menarik dari sosok ponsel itu adalah layarnya yang mewah. Memenuhi hampir seluruh bidang muka ponsel, bahkan melengkung mengikuti kamera depan yang diperuntukkan berswafoto.

Fitur penting lainnya: ponsel ini sudah mengadopsi sistem modular.

Apa itu ponsel pintar modular? Secara mudah, kata modular bisa diartikan sebagai “bongkar pasang”. Jadi, ponsel modular adalah perangkat ponsel pintar yang bisa dibongkar pasang.

Konsep ini sebagai jawaban atas ponsel saat ini yang seolah-olah sudah baku. Pengguna tidak bisa mengubah-ubah ponsel secara radikal. Paling yang bisa diubah hanyalah versi OS, menganti casing, dan warna.

Nah, konsep ponsel modular menawarkan potensi untuk mengubah semua itu. Sebuah ponsel modular bisa benar-benar dirakit dari sejumlah komponen mandiri yang kemudian digabungkan bersama untuk membentuk sebuah ponsel yang lengkap. Kamera, penyimpanan, dan modul lainnya bisa dipertukarkan.

(Baca juga: Nokia 8210, Ponsel 'Jadul' yang Jadi Favorit Gembong Narkoba. Apa Alasannya?)

Dengan begitu, maka bisa saja kita menambahkan kamera 360-derajat pada perangkat ini. Soalnya ponsel ini juga memiliki konektor magnetik di bagian belakang perangkat.

Untuk mendapatkannya, siapkan AS$749 (sekitar Rp9,74 juta) untuk memesannya. Kondisi tidak tergembok (unlocked) dengan media penyimpanan internal 128GB, plus kamera 360 derajat.

Jika pesan untuk telepon saja, menjadi AS$699 (sekitar Rp9 juta). Sayangnya, baru bisa pesan di AS.