Find Us On Social Media :

Pesawat Erix Soekamti Jatuh di Pekarangan Rumah Warga, Ini Penyebabnya

By Intisari Online, Rabu, 5 September 2018 | 07:00 WIB

Intisari-Online.com - Pesawat Microlight tipe Sky Ranger PK S160 jatuh di sebuah pekarangan rumah warga di Dusun Gading 1, RT 12, RW 01, Gading, Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta, Selasa (4/9/2018) petang karena mengalami engine failure (masalah di mesin).

"Yang di pesawat saudara Alan (Faslan) sebagai pilot dan Erix sebagai kopilot. Iya betul, Erix Soekamti," ujar Ketua Jogja Flying Club, Tjandra Agus Budiman dalam jumpa pers di Ruang Pentak TNI AU, Selasa (4/9/2018).

Tjandra menjelaskan pesawat ultralight tipe Sky Ranger PK S160 yang digunakan untuk latihan terbang adalah milik pribadi yang sudah menjadi anggota Jogja Flying Club.

"Jogja Flaying Club ini masuk di organisasi FASI. Pesawat milik Erix, tapi di sini di dalam penerbangan ini tadi Alan (Faslan) sebagai PIC-nya," tegasnya.

Baca Juga : Charlie Chaplin Si Komedian Sukses Itu Ternyata Jadi 'Monster' Mengerikan Bagi Para Wanita di Bawah Umur

Tjandra menjelaskan, sebelum terbang untuk latihan rutin, pilot dan kopilot melakukan briefing. Selain itu, keduanya juga melakukan cek medis.

Tak hanya itu, sebelum terbang, seluruh komponen pesawat juga diperiksa. Dari hasil pemeriksaan, pesawat dinyatakan layak terbang.

"Setelah pesawat dinyatakan layak terbang, pilot memutuskan untuk memulai latihan," tegasnya.

Latihan lanjutnya dilakukan di area Selatan tepatnya di landasan udara Gading Gunung Kidul. Pada saat pesawat berada di ketinggian 5.000 kaki, pesawat mengalami masalah.

Baca Juga : Pendatang Baru di Venezuela Selalu Mudah Dikenali, Ini Sebabnya

"Di ketinggian 5.000 feet terjadi engine fail," bebernya.

Pilot, lanjutnya, memutuskan untuk tidak kembali ke Adisutjipto karena latihan berada di atas landasan udara Gading.

Di bawah lokasi latihan juga terdapat landasan, sehingga pilot berusaha untuk mendarat di Gading.