Find Us On Social Media :

Bukan IQ, Inilah Sifat yang Menentukan Kepintaran dan Kesuksesan Seseorang

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 28 Mei 2017 | 16:00 WIB

Bukan IQ yang menentukan kepintaran dan kesuksesan

Intisari-Online.com - Selama ini IQ atau intelligence quotient dianggap sebagai standar yang menentukan kepintaran seseorang. Dan orang yang pintar dianggap akan lebih sukses di masa depan.

(Baca juga: Jangan Salah! Orang Introver Itu Sebenarnya Punya Kepribadian yang Unik dan Menarik lo, Coba Saja Dekati Mereka Jika Tak Percaya!)

Namun, pernahkah Anda memiliki teman sekolah yang tidak begitu pintar tapi sekarang ia sukses besar? Jika punya, maka kemungkinan ia memiliki satu sifat yang paling penting untuk kesuksesan daripada IQ.

Menurut Angela Duckworth, seorang profesor psikologi di University of Pennsylvania, sifat itu bernama “grit”. Grit adalah kombinasi dari gairah, sabar, pantang menyerah, dan ketekunan untuk kesuksesaan atas kecerdasan dan bakat.

Duckworth menjabarkan dua persamaan yang menunjukkan bagaimana kita mendapatkan bakat dari kesuksesan:

1. Bakat x usaha = keterampilan

2. Skill x usaha = prestasi

Dengan kata lain, jika seseorang memiliki bakat tapi ia tidak maksimal melakukannya, maka hal itu sia-sia. Berbeda jika ia mau berusaha dengan bakat atau apapun skill yang ia punya.

Sehingga Duckworth menyakini bahwa IQ bukanlah standar menentukan seseorang pintar atau sukses. Tapi Grit-lah prediktor yang lebih baik untuk bisa bertahan di masa depan.

(Baca juga: Mau Tahu Berat atau Tidaknya Nama Anda? Yuk Cari Tahu dengan Perhitungan Nama Ala Jawa)

“Bakat kita adalah salah satu hal yang menunjang. Tapi ada hal yang lain bisa membantu kita sukses,” terang Duckworth dilansir dari businessinsider.com.

Lalu bagaimana seseorang bisa mendapatkan Grit?

Duckworth menjelaskan bahwa orang-orang gritty memiliki 4 sifat dalam dirinya, yaitu minat, giat berlatih, memiliki tujuan, dan harapan.