Find Us On Social Media :

[Video] Cerita dari Dapur Presiden: Jokowi Ternyata Suka Lento

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 28 Mei 2017 | 10:00 WIB

Cerita dari dapur Presiden

Intisari-Online.com - Belum lama ini muncul video bertajuk “Cerita Dari Dapur Presiden” di YouTube resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Video itu bercerita tentang aneka rupa makanan sehari-hari Jokowi.

“Bapak itu, yang saya tahu selama ini itu, orangnya sederhana sekali. Makanan juga seperti itu,” ujar Tri Supriharjo, dari Palur, Karanganyar, Jawa Tengah, juru masak Jokowi.

(Baca juga: Aduh, Ribuan Kodok Koleksi Jokowi Mati Gara Gara Mahluk Ini)

Menurut Tri, sehari-hari Jokowi suka mengonsumsi makanan-makanan rumahan seperti sop ayam, sayur bening bayam, tumis pepaya muda,  juga tumis oseng-oseng tempe.

“Kalau saat ini, hampir setiap hari soto kuning,” tambah Tri.

Yang enggak mungkin lupa adalah tempe-tahu bacem, teri digoreng, nasinya pun tidak mesti ditaruh di meja. Menurut Tri, Jokowi biasa mengambil sendiri nasi yang masih ada di periuk.

“Yang penting nasi itu panas,” lanjutnya.

Jangan lupa, Jokowi juga menyukai lento. Lento itu dari ketela yang diparut dan dicampur kelapa, lalu digoreng. Bakwan, baik bakwan jagung maupun bakwan sayur, juga menjadi favorit Jokowi.

Untuk minuman, Tri biasa membuatkan jus. Tidak ajeg. Misal, pagi jus melon, sorenya jus apel. Untuk akhir-akhir ini, aku Tri, Jokowi sedang menggemari jus kedondong.

(Baca juga: ISIS Menduduki Kota Marawi, Filipina: Beginilah Sejarah Terbentuknya ISIS)

Meski demikian, ada kudapan baku yang mesti dikonsumsi Jokowi saban pagi.

“Jamu dan teh pahit. Jamunya, temulawak, jahe, lalu kunyit. tempatnya agak besar,” tutur Tri menyebut mug khas orang zaman dahulu yang motifnya blirik-blirik hijau itu.

Berikut video "Cerita Dari Dapur Presiden"