Find Us On Social Media :

Ini 4 Cara Menghindari Kecelakaan Saat Mengemudi di Sekitar Truk dan Bus Besar

By Masrurroh Ummu Kulsum, Minggu, 2 September 2018 | 09:00 WIB

Intisari-Online.com – Bagi Anda yang mengendarai kendaraan kecil seperti motor atau mobil dan tidak berhati-hati, truk-truk besar dan bus bisa menjadi risiko yang nyata di jalanan.

Menurut situs Federal Motor Carrier Safety Administration (FMCSA), tipe kendaraan seperti itu memiliki 'titik buta, jarak berhenti yang lama, dan kemampuan manuver yang terbatas.'

Untungnya, ada tindakan pencegahan yang dapat kita lakukan untuk menghindari kecelakaan yang melibatkan kendaraan-kendaraan besar seperti itu.

Nah, berikut 4 aturan sederhana yang perlu kita ingat saat berkendara di jalan raya apalagi mengemudi di sekitar truk-truk besar dan bus.

BACA JUGA:Waspada! STNK Mati Lebih Dari 2 Tahun, Nomor Kendaraan akan Dihapus

1. Hindari spot 'buta'

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, truk dan bus memiliki titik-titik buta (sering disebut no zone atau tidak ada zona).

Titik ini berada di sekitar bagian depan, belakang, dan samping kendaraan.

Bagian-bagian itu adalah tititk-titik berhaya untuk mengendarai kendaraan Anda di sekitar sana.

FMCSA mengingatkan, "Jika Anda tidak dapat melihat supir truk di cermin sisi truk, anggaplah bahwa supir truk juga tidak dapat melihat Anda."

Saat akan mendahului, pastikan Anda melihat supir sehingga Anda dapat memberi sinyal sebelum memacu kendaraan lebih cepat.

Sebaliknya, pelankan kendaraan Anda ketika truk atau bus lewat untuk memberikan mereka ruang, dengan begitu Anda bisa langsung menjauh dari titik buta.

2. Jangan memotong jalan terlalu dekat