Find Us On Social Media :

Wow, Ada Batu Nisan Digital dengan Layar Sentuh yang Interaktif! Bahkan Bisa Memutar Video

By Ade Sulaeman, Kamis, 25 Mei 2017 | 12:00 WIB

Batu nisan yang dilengkapi layar sentuh

Intisari-Online.com - Batu nisan digital pertama di dunia dengan layar 48 inch berada di pemakaman di Maribor, Slovenia. Pada batu nisan masa depan ini dapat menampilkan foto, video, dan konten digital lainnya.

Menurut penciptanya, batu nisan yang tahan cuaca ini dijual dengan harga 3.000 euro atau sekitar Rp44,7 juta.

(Baca juga: Misteri Batu Nisan Donald Trump di Central Park Akhirnya Terpecahkan)

Saat melihat kali pertama, batu nisan terlihat seperti makam pada umumnya. Tetapi, saat kita berada di depannya, dalam beberapa detik sensornya akan bekerja.

Batu nisan digital itu pun akan “hidup” dan berganti menjadi sebuah layar interaktif yang dapat memainkan konten digitalnya.

Batu nisan ini memungkinkan Anda untuk memasang apapun untuk almarhum dibawah namanya. Bahkan kalau mau, Anda bisa menuliskan sebuah novel, memasang foto atau film di situ.

“Batu nisan ini memiliki sebuah sensor jadi ketika tidak ada orang di sekitarnya, batu nisan itu hanya memperlihatkan nama serta tahun kelahiran dan kematian dari almarhum,” jelas Saso Radovanovic, kepala marketing Bioenergija yang menjual batu nisan digital.

(Baca juga: Kuburan Raja Swedia yang Berasal dari Zaman Perunggu Ini Disebut yang Terbesar di antara Kuburan Raja Swedia Lainnya)

Adanya sensor ini akan menghemat energi dan layar sentuhnya. Ini akan membantu keberadaan batu nisan jadi awet.

Batu nisan digital dikembangkan dengan bantuan Milan Zorman, seorang professor di University of Maribor. Menurutnya, batu nisan ini bekerja pada sebuah aplikasi smartphone khusus yang selanjutnya akan meningkatkan keaktifan batu nisan.

Saat ini Pofesor Zorman tengah terfokuskan untuk menghidupkan suara ke earphone yang tersambung ke sebuah aplikasi mobile phone. Dengan cara itu, peziarah dapat mendengarkan suara dari video yang ditampilkan pada layar.

Ia menambahkan, speaker yang terpasang bisa memperkencang suara ke seluruh area pemakaman.

Waduh, bisa-bisa area pemakaman menjadi “pasar malam” nih!