Find Us On Social Media :

9 Foto Menyedihkan Para Tunawisma Hong Kong yang Harus ‘Numpang’ Tidur di McDonald’s

By Ade Sulaeman, Rabu, 24 Mei 2017 | 19:00 WIB

Tunawisma menumpang tidur di McDonald's

Intisari-Online.com - McDonald’s terkenal sebagai restoran cepat saji di seluruh dunia. Namun di Hong Kong, restoran ini menjadi “tempat tinggal” para tunawisma pada malam hari.

Dilansir dari businessinsider.co.id, Fotografer Reuters Tyrone Siu memotret fenomena menyedihkan ini untuk menunjukkan kenyaaan bagi banyak orang tentang kehidupan salah satu kota terbesar di dunia.

Harga properti dan sewa di Hong Kong yang melonjak drastis hingga 130% sejak 2008. Hal ini membuat beberapa orang kehilangan tempat tinggal dan terpaksa “tidur” di McDonald’s Hong Kong.

Profesor Wong Hung dari Universitas Ching Hong Kong mengatakan bahwa di masa lalu tunawisma disebabkan oleh penyalahgunaan obat terlarang atau sakit jiwa. Namun kini mereka berasal dari keluarga miskin.

Studi Hung menujukkan bahwa sekarang ada 1.000 orang “tunawisma baru” di Hong Kong.

Besarnya angka ini membuat McDonald’s Hong Kong mengakomodai para tunawisma ini untuk menghabiskan malam mereka di sini.

Pihak restoran 24 jam ini menyambut semua lapisan masyarakat. Tapi mereka juga tetap membuat pelanggan tetap bisa menikmati pengalaman makan di sini.

Salah satunya adalah McRefugees atau biasa dipanggil “McSleepers”, restoran yang menampung para tunawisma pada malam hari.

Sayangnya para pengunjung lain tampak tidak peduli dengan orang-orang yang tidur di restoran ini.

Contohnya ketika ada seorang wanita tunasiswa yang pingsan pada pukul 01.20. Dia telah meninggal dunia namun polisi baru bisa mendapat laporan 8 jam kemudian.

Hong Kong sendiri disebut sebagai salah satu negara tidak setara di dunia. Sebab, satu dari lima orang hidup dalam kemiskinan.