Find Us On Social Media :

Ingin Tetap Dengarkan Musik saat Bersepeda Demi Meraih Manfaatnya? Ikuti 5 Aturan Ini!

By Ade Sulaeman, Selasa, 23 Mei 2017 | 12:00 WIB

Headphone

Intisari-Online.com - Mendengarkan musik, khususnya dengan menggunakan earphone saat bersepeda memang berbahaya. Beberapa negara bahkan dengan tegas melarangnya.

Apalagi baru-baru ini juara dunia MotoGP 2006 Nicky Hayden meninggal dunia saat bersepeda, diduga karena menggunakan earphone sehingga tidak mendengar suara mobil yang melintas.

(Baca juga: Nicky Hayden Meninggal Dunia dan Bahaya Menggunakan Earphone saat Bersepeda)

Padahal, menurut beberapa penelitian, mendengarkan musik favorit membuat kita lebih bahagia, lebih bersemangat dan mengayuh lebih cepat.

Musik secara ilmiah terbukti mengurangi jumlah energi yang dikeluarkan dan meningkatkan daya tahan hingga 15 persen.

Peneliti musik dan olahraga yang paling produktif di dunia, Costas Karageorghis, PhD, dari London’s Brunel University School of Sport and Education, mengemukakan hal ini: "Musik ibarat obat peningkat performa yang legal bagi para atlet."

(Baca juga: Dunia Balap Motor Berduka, Nicky Hayden Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan saat Bersepeda)

Termasuk yang percaya dengan hasil penelitian tersebut sehingga ingin tetap mendengarkan musik saat bersepeda? Simaklah lima aturan ini:

* Gunakan satu earbud

Gunakan hanya sebelah earbud dan atur volume sedemikian rupa sehingga kita masih bisa mendengar suara mobil, pengendara lain dan lingkungan pada umumnya.

Jika ingin mendapatkan suara yang sama bagusnya dengan menggunakan dua earbud, beberapa perusahaan seperti Earphone OneGood merancang earbud yang mampu menyajikan suara dari dua earbud dalam satu earbud.

* Ikuti aturan 60/60