Find Us On Social Media :

Inilah Keunggulan Orang Introvert Dalam Membangun Networking

By Yoyok Prima Maulana, Minggu, 21 Mei 2017 | 13:00 WIB

Bagaimana Bekerja dengan Pegawai yang Introvert?

Intisari-online.com - Meghan Wier, penulis buku Confenssions of an Introvert : the shy girl’s guide to career, networking, and getting the most of life (2009), memang mengatakan bahwa kaum introvert menganggap membangun networking adalah sebuah kegiatan yang membuang waktu.

Namun sesungguhnya, bertipe kepribadian introvert itu ada keuntungannya juga dalam membangun networking.

Ketika harus bertemu dengan orang baru dalam sebuah pertemuan, orang extrovert memang lebih piawai dalam memulai percakapan dibandingkan dengan orang introvert.

Bahkan, kata psikolog M.A. Endang Tatiana, MM, jika orang lain tidak memulai percakapan, orang extrovert akan memulai percakapan terlebih dahulu. Walaupun dengan orang yang tidak dikenal, orang extrovert akan menyapa dan membuka koneksi terlebih dahulu.

Hanya, jelas Tina, kalau hanya sekadar membuka percakapan, sebetulnya networking atau jejaring belum terjadi.

Jejaring baru terjadi bila ada komunikasi yang mendalam di antara kedua belah pihak. Untuk itu diperlukan kemampuan untuk mendengarkan dan mengajukan pertanyaan. Nah, di sinilah kekuatan orang introvert.

(BACA JUGA: Cara Mudah Agar Istri Terangsang)

Kaum introvert memang memiliki kecenderungan tidak banyak bicara, tertutup, penyendiri, sehingga tidak memiliki banyak kenalan, tapi mereka cenderung menjalin hubungan yang lebih kuat dengan “kontak” yang mereka miliki.

Wier pun mengakui, orang introvert mampu membina jejaring dalam jangka panjang.

Kekuatan lainnya, orang introvert cenderung suka berpikir terlebih dahulu sebelum bicara. Dengan kondisi seperti itu, kehadiran internet sangat membantu kaum introvert dalam dalam membangun jejaring.

Wadah ini membuat orang introvert mampu berpikir sejenak sebelum berbicara. Orang introvert akan jauh lebih nyaman bila menjalin komunikasi via tulisan, tidak langsung tatap muka, apalagi tatap muka “keroyokan”.

“Kehadiran internet memang seperti membuka jalan bagi kaum introvert untuk lebih mudah bergaul. Dan perkembangan media sosial yang luar biasa akhir-akhir ini mengakomodasi kaum introvert untuk lebih bisa bergaul atau paling tidak menjadi pintu gerbang untuk memasuki pergaulan yang lebih luas,” kata Tina.

(BACA JUGA: Tahi Lalat Pembawa Berkat)