Find Us On Social Media :

Setiap Hari Pukul 4 Pagi Kakek dengan Alzheimer Ini Mendaki Gunung, Salut!

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 19 Mei 2017 | 19:00 WIB

setiap hari, kakek penderita Alzheimer ini mendaki gunung yang sama

Intisari-Online.com - Sion Jair (67 tahun) memang seorang kakek yang istimewa. Setiap pukul 4 pagi, ia mendaki pegunungan yang sama, yaitu Old Man of Coniston di Lake District yang terkenal di Inggris.

Biasanya kegiatan mendaki dilakukan Sion bersama sahabatnya, Wendy, seorang seniman dan pensiunan penasehat desa.

(Baca juga: Setelah 60 Tahun Abdikan Diri sebagai Pendeta, Kakek 88 Tahun Ini Kembali Kuliah dan Berhasil Lulus dengan Memuskan)

Setiap hari, mereka berangkat pukul 04.00 pagi dan sebelum jam 06.00 sudah tiba di puncak Old Man of Coniston.

Yap, Sion dan Wendy sengaja mendaki gunung untuk menikmati matahari terbit. Setelah itu, mereka turun kembali ke rumah untuk sarapan pagi.

Setiap kali mendaki, ia selalu berbekal peralatan pendakian, seperti tali dan kapak, beberapa pakaian ganti, dan radio komunikasi dua arah (HT).

Mantan insinyur itu tidak mendaki apabila angin terlalu kencang dan saat liburan karena jalur pendakian jadi terlalu ramai.

Bila dihitung, Sion telah mendaki gunung setinggi 803 meter dari permukaan laut itu sebanyak 5.000 kali. Padahal ia menyandang Alzheimer lo.

Karena seringnya, sang kakek jadi hafal setiap batu dan karang di setiap jalur naik dan turun hingga ke puncak pegunungan.

Dengan pengetahuannya itu, ia sering membantu para pendaki yang tersesat.

Sion pernah membantu tujuh pendaki perempuan dari Liverpool yang tersesat dalam cuaca buruk karena kehilangan kompas dan peta.

Caranya dengan memasang tali di jalur yang telah dibukanya dari tumpukan es dengan kampaknya.