Find Us On Social Media :

Selain di Bumi, Inilah 3 Tempat yang Memiliki Kandungan Air, Salah Satunya di Asteroid

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 14 Mei 2017 | 12:20 WIB

Tempat yang memiliki kandungan air

Intisari-Online.com - Air menjadi unsur terpenting untuk menunjang kehidupan seluruh makhluk hidup. Tidak terkecuali di Bumi. Di Bumi sendiri, perbandingan jumlah air dan daratan adalah 70 persen berbanding 30 persen.

Dari fakta ini, pernahkah kita berpikir, apakah ada air di luar sana? Jawabannya, ada.

(Baca juga: Sempat Dianggap Enggak Waras, Pria Ini Membuktikan Ide Gilanya Membuat Kita Tercengang)

Hasil penelitian terbaru dari NASA dan beberapa ilmuwan lainnya, ada 3 tempat yang diyakini memiliki air selain planet Bumi.

Ketiga tempat itu adalah planet Mars, Pluto, dan Asteroid bernama Ceres.

1. Mars

Temuan baru dari Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) NASA memberikan bukti terkuat bahwa air mengalir di Mars. Ada lapisan es dengan luas lebih besar dari negara bagian New Mexico di Mars.

Lapisan es ini terletak di antara 39 dan 49 derajat lintang utara dan memiliki ketebalan berkisar 80-170 meter. Jika mencair, volume air di Mars akan mendekati 12.000 kilometer kubik.

2. Pluto

Menurut NASA, Pluto hanya memiliki panas sekitar 2% dari Bumi. Dari sanalah mereka menyelediki bahwa benda angkasa ini memiliki air di bawah samudera. Tapi samuderanya membeku.

NASA memberi nama samudera beku ini dengan sebutan Ice II. Sebab, tebal samuderanya mencapai 160 mil (260 kilometer). Sementara di bagian bawah samudera yang membeku ini ada jutaan kubik air yang tetap hangat.

(Baca juga: Kok Ada Ular Masuk Rumah? Tenang, Coba Lakukan Jurus Ini untuk Menjinakkannya)