Find Us On Social Media :

Miliki Ratusan Tank Amfibi Arisgator, Prajurit TNI AD pun Mahir Bertempur dari Arah Laut untuk Mengusir Penyusup

By Agustinus Winardi, Minggu, 26 Agustus 2018 | 16:30 WIB

Intisari-Online.com - Dalam Latihan Gabungan (Latgab) TNI yang diselenggarakan setiap tahun, latihan perang yang dilakukan selalu memiliki skenario khusus.

Skenario itu biasanya tentang adanya salah satu wilayah Indonesia yang telah diduduki oleh musuh untuk kemudian direbut kembali.

Untuk merebut pulau yang sudah diduduki pasukan musuh itu, maka dalam skenario Latgab, dilaksanakan pendaratan pasukan secara besar-besaran baik lewat laut maupun udara.

Dalam operasi penerjunan pasukan TNI dari berbagai kesatuan maka pesawat angkut berat C-130 Hercules selalu menjadi andalannya.

Sementara untuk pendaratan pasukan lewat laut yang umumnya didominasi oleh pasukan Korps Marinir TNI AL diawali terlebih dahulu oleh gempuran meriam kapal perang, pendaratan tank-tank amfibi, dan disusul pendaratan pasukan Marinir menggunakan perahu-perahu khusus.

Tapi untuk Latgab di tahun-tahun mendatang, misalnya di tahun 2019, operasi pendaratan pasukan lewal laut tidak hanya didominasi oleh pasukan Marinir tapi dari para personel TNI AD.

Baca juga: Heli H-47 Chinook, ‘Pisang Terbang’ yang Masih Ditunggu TNI AD untuk Misi Tempur dan Tangani Bencana Alam

Serbuan pasukan TNI AD dari arah laut itu pun tidak lagi menggunakan kapal-kapal perang TNI AL, tapi menggunakan kapal-kapal TNI AD sendiri yang bisa mengangkut tank.

Sejak TNI AD memiliki tank Leopard II (2016), TNI AD juga sudah menyiapkan kapal pendarat tank (Landing Ship Tank/LST) sehingga untuk membawa tank ke pulau-pulau lain di Indonesia, TNI AD tidak tergantung kepada LST milik TNI AL.

Kehadiran tank Leopard II dan kepemilikan LST oleh TNI AD ternyata memicu TNI AD untuk memiliki tank-tank amfibi sendiri.

Dengan demikian dalam setiap pertempuran pasukan TNI AD bisa memiliki daya pukul makin mematikan.

Tank-tank amfibi yang dimiliki oleh TNI AD adalah tank Arisgator buatan AS dan merupakan pengembangan dari tank-tank yang sudah dimiliki TNI AD, yakni M113.

Baca juga: AMX-13, Tank Andalan Israel yang Makin 'Sakti' Justru Ketika Berada di Tangan TNI AD, Ini Kisahnya