Find Us On Social Media :

Uniknya Auroville: Kota Tanpa Politik, Uang, dan Agama di India

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 7 Mei 2017 | 13:40 WIB

Kota Aurovville, kota tanpa politik, uang, dan agama

Intisari-Online.com – Di India, tepatnya di distrik Viluppuram, Tamil Nadu, ada sebuah kota unik yang berbeda dari kota lainnya, Auroville namanya. Di kota ini tidak ada politik, uang, ataupun agama.

Auroville ditemukan pada tahun 28 Februari 1968, sebagai bagian dari proyek Sri Aurobindo Society.

Oleh UNESCO disebut sebagai kota internasional karena penduduknya yang beragam, mereka berasal dari lebih dari 50 negara dan budaya yang berbeda.

(Baca juga: Inilah Wujud Kota Terbaik Di Uk Yang Dianggap Punya Kombinasi Ideal Dari Budaya Yang Luar Biasa)

Perancang Auroville, Mira Alfassa, yang juga dikenal sebagai Mother oleh penduduk Auroville mengatakan, "Seharusnya ada tempat di bumi yang tidak satu negara pun harus menjajah, tempat di mana semua orang bisa tinggal dengan cita-cita yang tulus menjadi warga dunia, menurut pada satu otoritas, yaitu kebenaran tertinggi."

Ide awal Alfassa adalah tempat yang damai dan saling memahami, di mana semua insting manusia untuk berjuang, digunakan hanya untuk mengatasi kesulitan dan kelemahan dalam hidupnya, juga untuk melawan keterbatasan dan kekurangannya.

Auroville dimaksudkan sebagai kota yang universal, dimana semua orang, dari berbagai negara bisa hidup dengan aman dan nyaman di atas semua kepercayaan, politik, dan kewarganegaraan. Tujuan utama Auroville adalah persatuan manusia.

(Baca juga: Sigiriya, Kota Kuno di Atas Batu Setinggi 200 Meter)

Dari ide itulah Auroville lahir.

Di Auroville, karena sistem uang tidak berlaku, sebagai gantinya mereka menggunaan sistem barter.

Di tengah kota Auroville terdapat sebuah kuil bernama Matrimandir, tapi kuil ini bukan miliki agama tertentu karena di Auroville tidak ada agama. Kuil ini digunakan oleh penduduk kota yang melakukan yoga integral.

Tidak ada politik juga tidak ada susunan hierarki di Auroville. Kota ini dikontrol oleh perkumpulan yang terdiri dari semua penduduk dewasa.