Find Us On Social Media :

Sangar! Sudah 95 Tahun, Mbah Ponco Sutiyem dari Gunung Kidul Masuk Nominasi Aktris Terbaik Festival Film ASEAN 2017

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 7 Mei 2017 | 11:30 WIB

Mbah Ponco Sutiyem, pemeran utama film Ziarah

Intisari-Online.com - Usianya memang sudah 95 tahun. Tapi aktingnya yang cihui di film Ziarah membuat Mbah Ponco Sutiyem dari Gunung Kidul masuk nominasi aktris terbaik AIFFA 2017.

Benar, AIFFA adalah ASEAN International Film Festival and Awards.

Tak hanya Mbah Ponco, dalam ajang ini, Ziarah juga mendapatkan empat nominasi: Best Film, Best Screenplay, Best Director, dan Best Actrees.

(Baca juga: [Video] Masih Ingat Pria yang Jalan Kaki Madiun-Jakarta untuk Bertemu Anies-Sandiaga? Akhirnya Ia Sampai Juga di Jakarta)

Semua tahu, nenek 95 tahun itu bukan aktris profesional dan tak punya pengalaman akting sama sekali.

Sutradara BW Purba Negara memilihnya berperan jadi Mbah Sri dalam Ziarah karena menilai Ponco punya potensi akting yang bagus.

Dilaporkan Antara, seperti dilansir dari Kompas.com, akting Mbah Ponco menarik perhatian dewan juri AIFFA 2017 yang terdiri atas U-Wei bin HJ Saari ( Malaysia), Maxine Williamson ( Australia), Siti Kamaluddin (Brunei), Eddie Cahyono (Indonesia), dan Raymon Red ( Filipina).

Nantinya, Mbah Ponco akan bersaing dengan nomine lainnya yaitu Ngoc Thanh Tam (The Way Station/ Vietnam), Subenja Pongkorn (Bangkok Nites/Laos), Al-Al Delas Allas (Area/ Filipina), dan Cut Mini (Athirah/Indonesia).

Trailer Ziarah:

Sedikit cerita, terpilihnya Mbah Ponco bermain di film Ziarah ini tidak lepas dari proses pemilihan pemain yang berbeda.

Dalam proses pemilihan pemain tersebut, tim film Ziarah berkeliling ke desa-desa untuk mencari orang-orang lansia yang memungkinkan untuk berakting.