Find Us On Social Media :

Penampakan Roh Sebagai Tanda Ajal Sudah Dekat dan Berbagai Kepercayaan Tentang Roh di Berbagai Negara

By Ade Sulaeman, Sabtu, 6 Mei 2017 | 13:00 WIB

Penampakan roh bisa pertanda saat ajal mendekat

Intisari-Online.com – Roh dipandang sebagai satu dari beberapa unsur penting dalam diri manusia.

Kepercayaan lama, yang bahkan secara luas masih diyakini hingga kini, menyatakan bahwa roh atau jiwa manusia dapat mengambil bentuk yang kasat mata.

(Baca juga: Jangan Membangunkan Orang yang Sedang Tidur, Bisa Jadi Rohnya Masih Terhambat dan Belum Kembali)

Penampakan roh bisa menjadi pertanda, ajal sudah dekat.

Matahari mulai surut ke Barat pada suatu hari di bulan Agustus 1992. Suasana desa di pantai utara Jawa Tengah, itu pun mulai senyap. Satu per satu lampu-lampu di dalam rumah penduduk mulai dinyalakan.

Dari kejauhan, kedap-kedip sinarnya sulit dibedakan dengan kelap-kelip kunang-kunang yang menyerbu persawahan siap panen.

(Baca juga: Ilmu Maling Tempo Doeloe: Baru Beraksi Kalau Roh Pelindung Desa Sedang Sibuk Bercinta)

Tak seberapa jauh dari kantor kelurahan, seorang ibu menutup jendela-jendela rumahnya. Tiba-tiba matanya menangkap sesosok tubuh yang sangat dikenalinya berdiri dekat rumpun pisang di halaman rumahnya.

“Eh, Dik Gendut, dari mana malam-malam begini? Oh, ya, kapan melahirkan kok belum ke rumah sakit?" seru ibu Sri, si pemilik rumah, ditujukan pada sosok itu.

Namun, tak sepatah kata pun keluar dari mulut sosok wanita bertubuh subur yang, menurut pengakuan ibu Sri, menatapnya lekat-lekat itu.

Esoknya, ketika ibu Sri tengah sibuk di dapur, datang saudaranya mengabarkan bahwa Dik Gendut, adik bungsunya, meninggal dunia ketika melahirkan di rumah sakit tadi malam. Lalu, siapakah sosok  wanita yang mirip adik perempuannya itu?

(Baca juga: Kisah Kopi Instan di Awal '90-an (1): 'Diminum Roh Leluhur')