Find Us On Social Media :

Agustus 2017 Kegelapan Bakal Membayangi Amerika Serikat

By Agus Surono, Kamis, 4 Mei 2017 | 16:00 WIB

GMT yang terjadi di Jepang pada 22 Juli 2009

Intisari-Online.com – Selain menjadi gerhana matahari total pertama dengan lintasan eksklusif untuk AS sejak kelahiran Amerika pada tahun 1776, gerhana ini juga merupakan gerhana matahari total pertama yang akan terlihat dari tetangga AS sejak tahun 1979.

Bulan akan benar-benar menghalangi matahari. Sekitar 12 negara bagian mengalami kegelapan pada 21 Agustus 2017, kata para ahli.

Gerhana akan berawal dari Pantai Barat di dekat Salem, Oregon dan berlanjut secara diagonal di seluruh negeri sampai mencapai Columbia, South Carolina.

(Baca juga: (Video) Apa Jadinya Jika Gerhana Matahari Total Direkam dari Pesawat Udara?)

Secara terperinci, negara bagian yang akan terlewati gerhana adalah Oregon, Idaho, Wyoming, Nebraska, Missouri, Kentucky, Tennessee, Georgia, North Carolina, dan South Carolina. Dengan catatan jika cuaca cerah.

NASA sudah menyediakan peta dan diagram gerhana matahari untuk menunjukkan waktu Matahari tertutup bulan.

Gerhana matahari pertama kali menyentuh Madras, Oregon pada pukul 9.06, dan mencapai totalnya pada pukul 10.19. Perjalanan ini akan berakhir di dekat Columbia, South Carolina pada pukul 14.44 waktu setempat.

Peristiwa ini menjadi tontonan yang langka karena untuk tahun 2017 gerhana hanya terjadi sekali dan itu di AS.

Di kebanyakan tempat yang dilalui jalur GMT, tiket untuk melihat gerhana dari lokasi yang strategis sudah habis terjual.

Oregon mengharapkan sejuta wisatawan dari seluruh dunia untuk menjadi yang pertama kali melihat gerhana matahari total.

Menurut The Oregonian, tempat yang paling baik adalah Salem, Madras, dan Lime.

Banyak hotel di Oregon telah dipesan untuk acara tersebut. Begitu juga dengan 1.000 bumi perkemahan, menurut Oregon State Parks, sudah habis dipesan.