Find Us On Social Media :

Tak Perlu Takut Dianggap Gila Gara-gara Berbicara dengan Diri Sendiri, karena Hasilnya Sangat Luar Biasa

By Ade Sulaeman, Rabu, 3 Mei 2017 | 17:00 WIB

Berbicara kepada diri sendiri

Intisari-Online.com - Eugene Gamble menghabiskan sebagian besar kariernya sebagai dokter gigi di London. Namun, tiga tahun yang lalu, ia memutuskan untuk berubah haluan menjadi seorang pengusaha.

Hanya ada satu masalah: dia tidak pandai berbisnis. Hal ini membuat kepercayaan dirinya merosot.

(Baca juga: Dibesarkan Monyet, Bocah 8 Tahun Ini Tak Bisa Berbicara dan Hanya Bisa Melengking)

Dia bisa saja kembali ke menekuni profesi dokter giginya. Namun ia bertekad untuk sukses di dunia bisnis. Jadi, ia menyewa seorang pelatih bisnis yang memberinya nasihat aneh.

"Dia menyuruh saya untuk berbicara keras-keras dengan diri sendiri," kata Gamble, yang membantu orang kaya berinvestasi di dunia properti.

"Saya tidak percaya bahwa itu bisa berhasil, tapi begitu saya mencobanya - itu masuk akal."

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa berbicara kepada diri sendiri dapat membantu mengingat ingatan, kepercayaan diri, fokus, dan lebih banyak lagi.

(Baca juga: Romo Eventius Dewantoro, Pastor Katolik di Bali yang Fasih Berbicara Bahasa Arab dengan Raja Salman)

"Masuk akal kok," kata Gary Lupyan, guru besar psikologi di University of Wisconsin, yang telah mempelajari bagaimana mendengar diri kita berbicara dapat mempengaruhi kenangan kita.

"Anda tidak tahu semua yang akan Anda katakan - Anda bahkan bisa mengejutkan diri sendiri."

Lupyan mengadakan sebuah penelitian dengan menyuruh orang melihat beberapa benda di layar komputer. Beberapa orang disuruh menyebutkan nama barang itu dengan suara keras-keras, sementara yang lain diperintahkan untuk tetap membatin nama benda itu dan mengingatnya di kepala mereka.

Hasilnya? Orang yang menyebutkan bendar itu dengan suara keras bisa menemukan benda-benda di layar komputer dengan lebih cepat.