Find Us On Social Media :

Suami Sering Mabuk dan Lakukan KDRT, Para Istri di India Diberi Pemukul Kayu oleh Menteri

By Ade Sulaeman, Selasa, 2 Mei 2017 | 10:30 WIB

Menteri Gopal Bhargava berikan 700 pemukul kayu kepada pengantin baru di daerahnya.

Intisari-Online.com - Masalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) menjadi salah satu masalah yang sering muncul di setiap negara. Tidak terkecuali di India.

Dilansir dari ndtv.com, Menteri Koperasi, Keadilan Sosial, Panchayat dan Pembangunan Pedesasan di Pemerintah Madhya Pradesh, India, Gopal Bhargava, memberikan hadiah 700 “mogri” atau pemukul kayu kepada pengantin baru.

(Baca juga: Kisah Petugas Polisi yang Membantu Seorang Ibu Tunawisma dan Anaknya Lari dari KDRT)

Pemukul kayu ini biasanya digunakan wanita India untuk mencuci pakaian mereka. Tapi sang menteri menginstruksikan istri untuk menggunakan pemukul kayu tersebut pada suami mereka jika mereka suka minum alkohol atau melecehkan mereka.

“Gagasan ini saya berikan agar seorang istri menyuruh suaminya berhenti minum. Jika tidak mau, silahkan pukul dengan mogri ini,” terang Gopal.

Menurut Gopal, setiap kali ia berkunjung ke daerah pedesaan atau perkoraan, banyak wanita yang mengeluh tentang kebiasaan minum suami mereka.

(Baca juga: Wanita Korban KDRT Berisiko Lebih Besar Terkena Schizophrenia)

“Para wanita itu mau melakukan apa saja agar suaminya berhenti merokok dan tidak melakukan kekerasan fisik lagi.”

Oleh karena itu, Gopal mengambil langkah memberikan pemukul kayu guna membawa perubahan sosial untuk mengatasi ancaman kecanduan alkohol. Ia bahkan sudah menyiapkan 10.000 pemukul kayu.

“Pemerintah atau polisi tidak akan bisa menyelesaikan masalah ini. Oleh karena itu, masyarakat harus maju untuk memberikan perubahan agar keadaan menjadi lebih baik,” terangnya.