Find Us On Social Media :

Inilah Beda May Day Dalam Hari Buruh Dan Penerbangan Pesawat

By Yoyok Prima Maulana, Senin, 1 Mei 2017 | 10:30 WIB

May day di dunia penerbangan beda dengan di Hari Buruh.

Intisari-online.com -  Tanggal 1 Mei yang dikenal sebagai Hari Buruh dan secara internasional disebut sebagai May Day selalu diperingati dengan unjuk rasa yang intinya menuntut kenaikan upah para buruh.

Cikal bakal sampai lahirnya hari buruh memang  ditandai oleh peristiwa unjuk rasa yang terjadi pada 4 Mei 1886 di Chicago AS.

Dalam aksi unjuk rasa yang menuntut kenaikan kesejahteraan bagi para buruh awalnya aksi unjuk rasa berjalan damai. 

Tapi ketika aksi unjuk rasa sudah hampir selesai tiba-tiba terjadi aksi kekerasan yang dilakukan polisi dan berakibat pada tewasnya 8 orang buruh dan ratusan lainnya luka-luka.

Peristiwa itu kemudian dikenal sebagai The Haymarket Martyr dan setelah Working Men’s Association menggelar sidang di Paris, Prancis pada 1889, ditetapkan sebagai Hari Buruh Sedunia yang diperingati tiap tanggal 1 Mei.

(BACA JUGA: 8 Fakta Rahasia Penis, Salah Satunya Dapat Memendek 1 Senti Karena Merokok)

Kata May Day  sebenarnya juga digunakan dalam istilah penerbangan untuk memberitahukan bahwa  pesawat sedang dalam kondisi darurat, yakni ‘’mayday’’. Asal usul kata mayday itu berasal dari bahasa Prancis, ma’der yang artinya ‘’tolong aku’’.

Penggunaan kata mayday secara resmi ditetapkan pada acara International Radiotelegraph Convention of Washington, di AS pada 1927.

Dalam penerapannya, untuk memberi tahu ketika pesawat yang diterbangkannya dalam kondisi darurat pilot harus mengucapkan kata mayday selama tiga kali berturut-turut.

Yang membedakan antara kata May Day untuk peringatan hari buruh dan mayday untuk menandakan pesawat terbang dalam kondisi darurat cukup sederhana: May Day untuk Hari Buruh ditulis terpisah dalam huruf besar. 

Sebaliknya kata mayday untuk menunjukan pesawat dalam kondisi darurat ditulis menjadi satu kata menggunakan huruf kecil.

(BACA JUGA: Kenali Neurosis Yang Bikin Perkawinan Tak Harmonis)