Find Us On Social Media :

Kesal Hingga Stres Gara-gara Sinyal Hilang-Timbul? Coba Cara Sederhana Perkuat Sinyal Smartphone Ini

By Ade Sulaeman, Rabu, 26 April 2017 | 17:30 WIB

Menguatkan sinyal smartphone

Intisari-Online.com – Pernakah ketika Anda menelepon atau berselancar di internet, tiba-tiba sambungan terputus? Hmm, menyebalkan, bukan? Usut punya usut, biasanya hal ini disebabkan karena sinyal yang kian melemah.

Untungnya, ada cara sederhana untuk mengatasi masalah itu. Berikut langkah untuk memperkuat sinyal smartphone yang bisa kita lakukan dengan mudah.

1.Cek baterai

Jangan heran kalau baterai melemah, sinyal pun ikut melemah. Sebab ketika berada dalam kondisi low bat, kemungkinan ponsel akan berubah ke modus penghematan daya secara otomatis.

Nah, hal inilah yang membuat sinyal memburuk. Penyebabnya energi yang dikeluarkan untuk mentrasmisikan sinyal akan lebih sedikit. Selain itu mode ini juga bisa memutus sementara koneksi ke jaringan.

Nah, kalau ternyata biang keladinya hanya karena baterai, Anda charge saja dan semuanya akan beres.

2. Restart atau airplane mode

Mematikan lalu nyalakan kembali smartphone terkadang bisa menjawab semua masalah, tak terkecuali kualitas sinyal yang buruk. Dengan me-restart, ponsel kita akan mencari menara sinyal lain yang akan dihubungi.

Airplane mode pun demikian. Cobalah pasang mode ini selama tiga detik, lalu matikan kembali mode tersebut. Cara ini akan me-refresh koneksi ke jaringan operator seluler yang akan kita gunakan.

Bisa saja ponsel kita akan terhubung ke pemancar yang lokasinya paling dekat dengan kita saat itu. Kalau sudah begitu, sinyal yang dipancarkan pun akan lebih kuat.

3. Dekati pemancar sinyal

Pertama kita harus men-download dan memasang aplikasi Open Signal di ponsel Android atau iOs yang kita miliki. Aplikasi ini bekerja dengan cara mengecek jumlah menara pemancar sinyal yang ada disekeliling kita.