Find Us On Social Media :

Gara-gara Pembukaan Asian Games 2018, Korut dan Korsel Bawa Bendera Korea Bersatu

By Intisari Online, Minggu, 19 Agustus 2018 | 13:45 WIB

Intisari-Online.com – Pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno pada Sabtu (18/8/2018) akan menjadi momen bersejarah bagi bangsa Korea.

Sebab, kontingen Korea Selatan dan Korea Utara akan berparade dalam satu rombongan dengan membawa bendera Korea Bersatu.

Sejumlah warga Korea yang ditemui Kompas.com berharap, momen tersebut dapat memulihkan hubungan kedua negara yang sudah berkonflik selama lebih dari 70 tahun.

"Saya sangat senang dengan adanya satu tim Korea dalam upacara pembukaan nanti. Saya sangat senang dan berharap Korea akan terus bersama di masa depan," kata Mansun, warga Korea Selatan.

Baca juga: Inilah I Gede Siman Sudartawa, Perenang Indonesia yang Bawa Bendera Indonesia di Pembukaan Asian Games 2018

Ia mengatakan, Korea Selatan dan Korea Utara sudah lama berkonflik dan berharap momen tersebut dapat mengeratkan hubungan kedua Korea.

"Kau tahu hubungan Korea Selatan dan Utara kan? Saya dari Korea Selatan dan saya tidak ada bedanya dengan warga Korea Utara. Kita sama-sama orang Korea," kata dia.

Junyoung Park, warga Korea yang berkuliah di Indonesia, punya pendapat serupa dengan Mansun. Ia berharap, hubungan kedua Korea dapat lebih baik lagi.

"Saya yang sangat tersentuh karena kita sudah terpisah selama lebih dari 70 tahun tapi kita semua satu keluarga. Kita harus bersatu kembali dan saya harap hari ini menjadi langkah awal untuk kembali," ucap dia.

Ia menyampaikan, ada ratusan orang Korea yang akan menonton parade atlet Korea Bersatu pada malam nanti.

"Hal yang paling kami tunggu-tunggu adalah kemunculan tim Korea Bersatu dalam parade atlet malam nanti," kata dia.

Selain tampil bersama dalam parade atlet, tin Korea Bersatu bermain bersama dalam cabang bola basket (putri), perahu naga (putra dan putri), serta dayung (putra LM4-, LM8+, dan putri LW2X).

Penyatuan Korea Selatan dan Korea Utara menjadi Tim Korea sebenarnya sudah terjadi pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan.