Find Us On Social Media :

Pesawat Kargo Terbesar di Dunia Ini Disebut Bisa Mengangkut Satelit dan Pesawat Ruang Angkasa Mini, Sebesar Apa Ya?

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 22 April 2017 | 20:00 WIB

Pesawat kargo terbesar di dunia

Intisari-Online.com - Selama ini dunia penerbangan mengenal pesawat Antonov An-225 sebagai pesawat kargo paling besar di dunia. Tapi tidak lama lagi akan muncul pesawat kargo yang lebih besar dan sanggup terbang hingga 30.000 kaki bernama Stratolaunch.

Penggagas sekaligus penyandang dana demi terwujudnya pesawat transportasi raksasa yang memiliki wingspan hingga 117 meter dan menggunakan enam mesin itu adalah co-founder Microsoft, Paul Allen.

Program pembuatan pesawat angkut raksasa yang nantinya akan digunakan  membawa astronaut atau satelit untuk diluncurkan ke orbit di ruang angkasa itu saat ini progresnya bahkan sudah mencapai 75%.

Paul Allen telah mengundang sejumlah wartawan untuk mengunjungi sekaligus menyaksikan program pembuatan Stratolaunch secara langsung di kawasan Mojave Air and Spaceport, California, AS.

Sebagai pesawat pembawa satelit fuselage Stratolaunch sejatinya merupakan dua pesawat yang dijadikan satu sehingga panjang wingspan-nya mencapai ukuran 117 meter.

Masing-masing fuselage berukuran panjang 72 meter dan ketika siap operasional akan dilengkapi 12 landing gear dan 2 nose gear.

Bentuk pesawat angkut yang spekatkuler ini sebenarnya sudah pernah ada tapi bukan berupa pesawat angkut melainkan pesawat tempur yang pernah dioperasikan militer AS dalam PD II, P-38 Lightning.

Untuk perbandingan tentang besar dan panjangnya wingspan Stratolaunch, selama ini juga sudah ada pesawat-pesawat transpor yang memiliki wingspan raksasa, yakni Boeing 747-8 Intercontinental (68,5 m), Airbus A380-800 (79,8 m), An-225 Mriya (88,4m), dan Hughes H-4 Spuce Goose (97,5 m).

Selain merupakan kombinasi dua fuselage pesawat bermesin enam, Stratolaunch juga dilengkapi roket peluncur yang berada di posisi tengah-tengah.

Roket itu sudah dilengkapi tempat untuk menggotong satelit dengan kemampuan angkut hingga lebih 250.000 kg.

Bobot satelit produksi terkini yang berbentuk lebih kecil dan ringan  memungkinkan Stratolaunch bisa mengendong lalu meluncurkan satelit pada ketinggian 30.000 secara efektif dan dijamin langsung memasuki orbit secara akurat.

Kemampaun bahan bakar roket penggendong satelit bisa menempuh jarak hingga 2000 km.